Kamis, 30 Juni 2011

HONDA REVO Terbukti Paling Irit


BANDARLAMPUNG-Revo merupakan motor bebek low end Honda. Motor ini telah merebut hati jutaan masyarakat Indonesia. Salah satu kelebihan bebek ini yang dikenal masyarakat adalah keiritannya. Namun untuk semakin membuktikan keiritan motor dengan Jagoan Aku, Kamu dan Dia itu, tahun ini Honda kembali menggelar even bertajuk Adu Jagoan Irit Revo (AJIR) di Lapangan Prosida/PU Bandarjaya, Lampung Tengah, kemarin (26/6).

Brand Activation Departement Marketing and Product Development Division PT Astra Honda Motor (AHM) Gunawan Rustandi mengatakan, acara AJIR ini merupakan kali keduanya. Tahun lalu sukses dilaksanakan di tiga kota di Indonesia. Lalu tahun ini dilaksanakan di 10 kota besar. Yakni Jogjakarta, Palembang, Tangerang, Cianjur, Klaten, Sidoarjo, Makassar, Medan, Pekanbaru dan Bandarjaya (Lampung).

"Sepuluh kota tersebut merupakan kota-kota yang memeberikan kontribusi cukup besar untuk penjualan Revo secara nasional. Yakni 70 persen penjualan nasional disumbangkan oleh kota-kota itu," paparnya.
Gunawan menambahkan, even tersebut juga merupakan salah satu cara untuk semakin meningkatkan penjualan Revo di tahun ini. Selain dengan merilis produk Revo terbaru.

Sementara itu, Ketua Pelaksana AJIR Honda Yullian Dehaan mengatakan, untuk acara ini diikuti 245 peserta. "Terdapat konsumen Revo, konsumen non-Honda, serta jurnalis," terangnya.
Dari hasil perlombaan, untuk kategori juara irit, pemenang pertamanya adalah Muhammad Alfarizi, juara kedua Anang Widiyantoro dan juara ketiga Ahmad Khairil. Lalu untuk kategori juara jagoan semua, pemenangnya adalah Suyanto, Roni Wijaya dan Suwawid. "Untuk jurnalis, Radar Lampung keluar sebagai juara pertama," ungkap dia.

Bagi setiap juara, menurutnya, mendapatkan hadiah uang tunai dan trofi. Yakni untuk pemenang pertama Rp. 3 juta, pemenang kedua Rp. 2,5 juta dan pemenang ketiga Rp. 2 juta.

Dari hasil perlombaan, terbukti keiritan Revo. Yakni konsumsi BBM hanya 91,59 per liternya. "Pembuktian keiritan ini bukan di sirkuit. Namun langsung di jalanan dengan kondisi jalan yang benar-benar riil," ujarnya.

Sementara itu, selain acara adu irit, PT Tunas Dwipa Matra (TDM) sebagai penyelengara juga menggelar berbagai kegiatan untuk memanjakan konsumennya. Seperti hiburan untuk anak-anak dan promo penjualan berupa cashback Rp.300 ribu untuk pembelian Honda Revo saat acara. Lalu juga stan safety riding yang memberikan banyak hadiah kepada peserta. " Kami juga memberi diskon 10 persen untuk pembelian sparepart," sebutnya.

Guna semakin memeriahkan acara, Honda juga menghadirkan berbagai hiburan. Seperti penampilan Cornett Band, Jendral, NAFF, Sexy Dancer hingga kesenian tradisional kuda kepang.

Diketahui, setiap konsumen Revo keluaran tahun 2009 ke atas dapat mengikuti event ini. Hanya dengan mendaftar Rp 25 ribu dan dapat dilakukan di semua dealer Honda di Lampung, konsumen berhak mendapatkan jaket eksklusif dari Honda, uang belanja Rp 50 ribu, gratis ganti oli dan busi, serta mendapatkan sarung tangan.

Di lampung, penjualan Revo mencapai 111.593 unit atau sama rata-rata per bulan mencapai 3.500 unit. Dengan jumlah tersebut Revo memiliki kontribusi hingga 51 persen terhadap penjualan Honda di 2010. Tahun ini ditargetkan menjadi 4.000 unit per bulan. TDM yakin target tersebut tercapai. Mengingat tahun ini TDM meluncurkan dua varian terbaru dari Revo, yakni Revo Fit dan New Honda Absolute Revo.

Selasa, 21 Juni 2011

Pedrosa Akui Kecil Kemungkinan Bisa Tampil di Assen


Barcelona - Dani Pedrosa mengakui bahwa kecil kemungkinan baginya untuk tampil di MotoGP Belanda akhir pekan ini. Untuk itu pembalap Honda itu memilih fokus untuk balapan di Italia awal Juli mendatang.

Tengah pekan kemarin Pedrosa menjalani operasi lanjutan untuk penyembuhan cederanya. Oleh dokter dinyatakan bahwa masih terbuka peluang bagi rider 25 tahun itu tampil di Assen pada akhir pekan ini.

Namun dalam perkembangan selanjutnya kans Pedrosa untuk berlomba di Belanda kembali mengecil. Honda mengatakan bahwa nyaris tak mungkin bagi rider asal Spanyol itu untuk tampil di Negeri Kincir Angin.

Pedrosa sendiri mengakui hal tersebut. "Sudah beberapa hari pasca operasi dan saya merasa lebih baik. Saya tak merasakan sakit seperti sebelumnya dan kemajuan yang ditunjukkan sangatlah baik," ujar dia di situs resmi MotoGP.

"Saya telah memulai proses rehabilitasi dan sangat positif. Setiap hari saya mencatat bahwa perkembangan kondisi saya sangat bagus karena saya sangat berharap bisa kembali membalap secepatnya. Tetapi memang, jujur saja sulit sekali untuk kembali di Assen," lanjutnya.

Untuk itu Pedrosa memilih berkonsentrasi penuh di MotoGP di Italia pada 3 Juli mendatang. Tim Honda juga telah mengonfirmasi bahwa Pedrosa pasti comeback di Mugello.

"Namun saya sangat percaya bahwa kondisi saya sudah oke untuk balapan di Mugello, jadi sekarang saya fokus untuk bekerja agar kondisi semakin baik lagi dari hari ke hari dan melihat seberapa jauh perkembangannya. Saya memang ingin comeback secepatnya, namun saya ingin melakukan itu dengan benar," pungkas pembalap yang sejauh ini sudah absen di Catalunya dan Inggris tersebut.
Info Selengkapnya

Sabtu, 18 Juni 2011

AHM Gelar Kontes Layanan Honda Nasional 2011


Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menyelenggarakan kontes layanan antar Front Line People (FLP) dan Pimpinan Jaringan terdepan Honda tingkat nasional sebagai bagian dari upaya memberikan layanan yang terbaik bagi konsumen.

Kegiatan Kontes Layanan Honda Nasional 2011 ini merupakan ajang kompetisi bagi para FLP dan Pimpinan Dealer & Authorized Honda Service Station (AHASS) di seluruh Indonesia. Kontes ini terbagi dalam dua kategori yaitu FLP dan Pimpinan Jaringan terdepan Honda. FLP terdiri dari para Sales Counter, Salesman, Front Desk Officer, Salesman Part, dan Sales Counter Part. Sedangkan kategori Pimpinan Jaringan terdepan Honda terdiri dari penanggung jawab di showroom, AHASS, maupun Honda Exclusive Parts Shop (HEPS).

Adu keterampilan antar FLP dan Pimpinan Jaringan terdepan Honda tahun ini mengusung tema ”One Heart for excellent services.” Kegiatan ini berlangsung mulai 12 s/d 16 Juni 2011 di Hotel Harris Kelapa Gading. Kegiatan adu keterampilan melayani konsumen ini merupakan penyelenggaraan yang kelima sejak pertama kali digelar pada tahun 2007.

Secara keseluruhan peserta dari adu keterampilan memberikan layanan ke konsumen ini tercatat sebanyak 40 peserta kategori FLP. Mereka merupakan peserta kontes terbaik dari 50.000 FLP di tingkat Main Dealer Honda di 29 area di Indonesia. Untuk kategori Pimpinan Jaringan terdepan Honda, tercatat 26 peserta yang terpilih dari 5.000 orang yang ada di seluruh jaringan terdepan Honda di Indonesia. Mereka saling berlomba menunjukkan keterampilan terbaiknya dalam memberikan layanan kepada konsumen Honda. AHM menyediakan total hadiah senilai Rp250 juta dan 2 unit sepeda motor Honda Spacy Helm-in AT untuk ajang penghargaan ini selain tropi dan piagam penghargaan disediakan hadiah berupa 6 tiket pulang pergi dan akomodasi untuk benchmark ke luar negeri.

Panitia telah merumuskan beberapa poin penilaian untuk menentukan peserta terbaik dalam Kontes Layanan Nasional Honda tahun ini. Penilaian untuk FLP dilakukan terhadap beberapa aspek yaitu pengetahuan, ketrampilan, dan sikap dari FLP dalam melayani konsumen. Adapun metode penilaian terdiri dari tes teori, praktek, dan survei lapangan.

Penilaian untuk Pimpinan Jaringan terdepan Honda dilaksanakan dengan menilai faktor leadership, manajemen outlet, implementasi proyek, dan improvement yang dilakukan di daerahnya masing-masing. Metode penilaiannya meliputi presentasi dan interview.

Istiyani Susriyati, General Manager Honda Customer Care Center (HC3) AHM mengatakan bahwa penyelenggaraan Kontes Layanan ini ditujukan untuk memberi apresiasi & motivasi kepada karyawan dan pimpinan yang berada pada garda terdepan dalam pemberian pelayanan kepada pelanggan.

Untuk menciptakan kepuasan pelanggan, FLP dan pimpinan jaringan terdepan Honda yang merupakan bagian terpenting perusahaan, memiliki peranan yang sangat vital dalam membantu perusahaan memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen.

“Dengan layanan yang prima dan memuaskan, pelanggan akan kembali datang dan tetap setia pada produk serta pelayanan AHM dan jaringannya, kemudian akan mereferensikan produk dan pelayanan Honda kepada keluarga & teman-temannya. Secara tidak langsung mereka juga berkontribusi membantu perusahaan mempertahankan predikat sebagai market leader pasar motor nasional,” ujarnya. Info Selengkapnya

AHM Raih Penghargaan Word of Mouth Marketing (WOMM) 2011


PT Astra Honda Motor (AHM) meraih penghargaan Word of Mouth Marketing (WOMM) 2011 yang diselenggarakan oleh Majalah SWA dan Onbee Marketing Research. Penghargaan ini semakin menegaskan popularitas sepeda motor Honda di hati masyarakat Indonesia.

Ajang pemberian penghargaan untuk merek-merek yang paling banya dibicarakan ini berlangsung di Hotel Four Season, Jakarta, Kamis (9/6). AHM pada perhelatan yang memasuki tahun ketiga ini meraih award untuk 5 tipe sepeda motor Honda, yaitu Honda Supra dan Honda Revo untuk kategori Sepeda Motor Bebek, Honda Vario dan Honda BeAT untuk kategori Sepeda Motor Matic, serta Honda Tiger untuk kategori Sepeda Motor Sport.

“Kami percaya kekuatan strategi pemasaran dari mulut ke mulut atau word of mouth marketing sangat menentukan saat ini. Rekomendasi dari orang-orang sekitar menjadi salah satu tolak ukur keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk,” ujar Kristanto, Head of Corporate Communication PT AHM.

Penghargaan WOMM ini diberikan kepada merek-merek yang memperoleh angka WOMM Index tertinggi, yaitu perpaduan antara variabel Word of Mouth (WOM) dan Social Networking (SN). Variabel WOM dihitung melalui nilai rata-rata terbobot dari tiga dimensi, yaitu Talking (bagaimana produk itu dibicarakan konsumen), Promoting (bagaimana konsumen mau mempromosikan merek tersebut), dan Selling (bagaimana konsumen mau menjual merek tersebut). Sementara variabel SN dihitung melalui nilai rata-rata daily intimate friend (offline) yang rutin berinteraksi dengan konsumen.


Survei ini dilakukan terhadap 3.000 responden selama Januari-awal Maret 2011 di 7 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Denpasar. Info Selengkapnya

Jumat, 17 Juni 2011

Honda Scoopy Hot Rod Nan Sangar



Jakarta - Modifikasi motor bukan hanya monopoli para pengemar modif semata. ATPM pun juga bisa! Hal itu dibuktikan Honda dengan memodifikasi sebuah Honda Scoopy.

Sebuah motor Scoopy berkelir ungu yang terpajang di booth Honda di perhelatan Jakarta Fair cukup menarik perhatian.

Bukan apa-apa, bila Scoopy pada umumnya menampilkan sebuah konsep motor retro yang lucu, si ungu ini malah terbalik. Alih-alih lucu, kesan seramlah yang malah terpancar ketika pertama kali memandang motor ini.

Lihat saja bentuk stangnya yang melebar ala sebuah motor chooper atau bentuk bagian depan motor yang seperti memiliki gril seperti mobil Hot Rod zaman baheula.

"Konsepnya memang didapat dari penggabungan bentuk Honda Valkyrie Rune dan mobil Hot Rod," jelas Honda.

Keunikan lain motor ini juga terlihat di bentuk knalpot sangar. Ada empat lubang knalpot di motor ini. Masing-masing dua di kanan dan dua di kiri dengan sebuah airscoop di bawah jok depan.

Tampang retro yang sangar ini juga makin tersembur keluar berkat pemilihan pelek dan ban bertapak lebar. Apalagi piranti cakram remnya juga tidak kalah besar.

Terakhir, motor ini lalu disiram cat berwarna ungu yang diberi grafis tribal di tubuhnya. "Grafisnya dibuat seperti tato agar terkesan macho," pungkasnya.

Nah kalau sudah begitu, si ungu pun berhasil menarik para pengunjung masuk ke stand Honda dan dengan pede mejeng di arena PRJ!
Info Selengkapnya

Kamis, 16 Juni 2011

Pasar Skutik: Market Share Honda Geser Yamaha


OTOMOTIFNET - Sungguh mengejutkan di bulan Mei lalu. Produsen motor Yamaha yang setiap tahun jadi ‘raja’ di kelas motor matik atau skutik (skuter matik) akhirnya bisa ‘dikangkangi’ oleh skutik Honda.

Mengacu pada data AISI, distribusi atau penjualan wholesales skutik Honda meningkat cukup tajam di bulan Mei tersebut. Tercatat berhasil membukukan angka 136.205 unit.

Sementara skutik Yamaha di bulan yang sama, menuai angka 120.995 unit atau terpaut 15.210 unit dari Honda. Ini menjadi sejarah baru bagi pabrikan motor berlambang sayap mengepak di Tanah Air.

Pasalnya belum ada sejarahnya, penjuan skutik Honda lebih besar dari Yamaha. Tapi peningkatan drastis skutik Honda tersebut memang sudah terlihat dari produksinya yang juga meningkat dua bulan belakangan ini.

“Memang kita sudah lama merencanakan untuk menambah kapasitas produksi matik Honda. Dan realisasinya sudah dinaikkan di akhir April lalu dan puncaknya di Mei,” jelas Sigit Kumala, general manager marketing division PT Astra Honda Motor, ATPM motor Honda.

Menurutnya, kalau sebelum Mei hanya berkapasitas 95 ribuan unit, kini bertambah ke 135 ribu unit per bulan di satu pabriknya di Karawang Bekasi. “Karena kita berkomitmen untuk meminimalkan inden matik yang cukup lama.”


Berita lain yang juga mengejutkan adalah skutik barunya, Scoopy, ternyata cukup direspon masyarakat. Sejak diluncurkan 20 Mei lalu, Scoopy sudah peroleh inden sebanyak 4.600 unit hingga tulisan ini dibuat (15/6).

Bahkan, di Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang baru dibuka 11 Juni lalu, sudah diinden 906 unit (per 14 Juni). “Di luar prediksi, target PRJ padahal cuma 2.500 unit (seluruh model, red), tapi 900-nya sudah diambil Scoopy,” tukas Sigit. Selengkapnya

Rabu, 15 Juni 2011

Honda Spacy Jadi Primadona di PRJ 2011


JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Spacy menjadi primadona di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2011 dengan rekor penjualan tertinggi 266 unit selama 4 hari (9-12/6). Jika digabung sama varian lainnya, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) - penanggung jawab booth stan Honda - melaporkan total mencapai 822 unit.

Skutik masih yang tertinggi dengan 647 unit, terdiri dari Vario series 124 unit, Scoopy 118 unit dan Beat 107 unit. Sisanya dihuni model-model lain yakni, Revo Series dan New Megapro. Model lain yang dapat apresiasi positif datang dari model sport CBR 250R dan skutik PCX (Personal Compact Xaloon) turut menuai perhatian tersendiri.

Edi Setiawan, Senior GM Marketing WMS dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, hari ini (14/6) mengatakan, "Konsumen Honda memiliki pilihan produk skutik yang beragam. Spacy menambah jajaran varian skutik Honda dengan fiturnya yang mendukung kebutuhan masyarakat perkotaan dan harga yang terjangkau".Selengkapnya

Selasa, 14 Juni 2011

Honda PCX Nan Macho



Jakarta - Jika melihat motor Honda PCX hasil modifikasi yang satu ini, motor matik termahal Honda ini menjadi bertambah lebih macho dan kekar. Pemiliknya Irwanto Utomo (43) memang mengubah keseluruhan tampilan PCX agar menjadi motor laki-laki.

"Saya suka dengan motor gede, tapi karena tinggal di Jakarta saya mengurungkan niat saya tersebut karena pasti nanti saya bisa capek di jalan. Akhirnya saya pilih PCX 2011 karena motor matik ini berukuran besar dan saya memodifikasinya agar terlihat lebih laki-laki tetapi tetap nyaman dipakai di setiap situasi," ujarnya sambil tersenyum.

Untuk mewujudkan motor matik macho, Irwanto pun mempercayakan bengkel modifikasi Budi Big untuk mengubah Honda PCX miliknya agar menjadi seperti impiannya.

"Awalnya saya hanya ingin membuat sidebox yang sesuai dengan keinginan saya dan saya telah mencari hingga ke Bandung. Tetapi di sana saya tidak mendapatkan yang sesuai dengan keinginan saya, dan saya akhirnya saya menghubungi Budi Big," cetus ayah dari Oscar Putra Utomo (8).

Langkah awal tertuju pada Bodi. Nah, untuk konsep satu Budi mengubahnya secara keseluruhan dengan menggunakan bahan baku fiberglass. Terlihat di bagian sidebox, spakbor, spoiler yang lebih pendek 4 cm dan lebih lebar 2 cm.

Tangan dingin Budi Big pun berhasil dengan membuat Honda PCX 2011 milik Irawan ini, terlihat menawan dengan desain penuh api yang menyala dengan sisi tubuh bergambar tengkorak yang disematkan ke dalam tubuh PCX 2011 milik Irawan.

Setelah bagian kaki-kaki selesai saatnya bagian lain yang ikut menambahkan keeleganan Honda PCX milik Irawan Utomo ini. Seperti pada bagian penerangan, Budi menggunakan lampu projektor HID custom.

Tidak puas sampai situ, Irwan meminta perubahan bentuk jok. Namun, Budi sebagai modifikator kawakan tetap mengutamakan estetika motor.

"Untuk bagian belakangnya saya memang sengaja mengubah agar lebih menonjol ke belakang. Hal ini diperuntukkan agar lampu sent dapat terlihat dengan jelas oleh pengendara yang lain yang berada dibelakang," ujar Budi.

Sentuhan manis pun terlihat pada bagian jok yang disesuaikan tubuh pengendara. Selain itu Budi juga menggunakan stang shark asal Thailand agar lebih nyaman disaat mengendarai. Dan knalpot karya Bigmodify yang mampu membelah jalanan.

"Ini proyek pertama saya untuk memodifikasi Honda PCX dengan menggunakan pelek seperti ini, jadi agak lama dalam membuat kaki-kakinya. Namun tidak ada kesulitan dalam memodifikasi motor ini," ujar Budi dari bengkel Bigmodify yang terletak di Pisangan Lama 3 Jalan Mugeni 1 RT/RW 04/04 No. 32-33 ini.

Selesai bagian atas, kini ulas bagian kaki-kaki. Agar kaki-kaki terlihat kokoh, Budi menyematkan pelek 3.5X14 inci depan belakang. Untuk bagian depan Budi membalutnya ban Maxima 120/70/14, sedangkan untuk pelek belakang Budi membalutnya dengan menggunakan ban swallow 14/70/14.

Tidak berhenti sampai disitu, Budi terlihat sangat serius dalam membangun kaki-kaki dengan menambahkan double cakram untuk bagian depan dan juga menambahkan cakram pada sistem pengereman belakang dan menambahkan kaliper depan sebanyak 4 piston kanan-kiri.

Lelaki berbadan besar ini juga menggunakan tabung shock custom depan karya Bigmodify dan bagian belakang milik YSS. Sentuhan terakhir bagian kaki-kaki Budi juga menambahkan master rem milik KTC Radial.

"Akhirnya jadilah seperti ini seperti skutik yang berada di Jepang, namun tidak mengurangi fungsi sesungguhnya dalam berkendara," tutup Budi.
Info Selengkapnya

Senin, 13 Juni 2011

Stoner Juara, Honda Finis 1-2


Silverstone - Honda berhasil menunjukkan dominasinya di MotoGP Inggris dengan merebut dua podium terbaik. Casey Stoner tampil sebagai jawara diikuti oleh Andrea Dovizioso di tempat kedua.

Di atas lintasan basah sirkuit Silverstone, Minggu (12/6/2011), Stoner berhasil mempertahankan catatan apiknya sejak sesi latihan bebas. Pembalap Australia itu mendominasi jalannya lomba dan sukses mencatatkan waktu tercepat dengan 47 menit 53,459 detik disusul oleh Dovizioso.

Dovizioso sendiri mengalami balapan yang tidak mudah karena sempat mendapat perlawanan ketat dari Jorge Lorenzo dan Marco Simoncelli.

Sebaliknya nasib malang justru menimpa sang juara bertahan, Lorenzo karena terjatuh saat balapan menyisakan 12 lap akibat kehilangan kendali motornya. Rekan se-timnya, Ben Spies malahan dipaksa meninggalkan lintasan lebih dahulu karena jatuh di lap ke-8.

Nasib tak jauh berbeda turut dialami Marco Simoncelli. Pembalap Honda Gresini tersebut terpaksa gigit jari karena out di lap ke-10 akibat jatuh.

Rider Yamaha Tech3, Colin Edwards yang baru saja kembali pasca cedera bahu berhasil mencetak sukses dengan finis tercepat ketiga. Disusul oleh Nicky Hayden dan Alvaro Bautista.

Valentino Rossi yang start dari urutan 13 berhasil merangsek ke papan tengah dengan finis di urutan enam.

Hasil Balapan MotoGP Inggris

Pos-Pembalap-Tim-Waktu
1. Casey Stoner AUS Repsol Honda Team 47m 53.459s
2. Andrea Dovizioso ITA Repsol Honda Team 48m 8.618s
3. Colin Edwards USA Monster Yamaha Tech 3 48m 14.939s
4. Nicky Hayden USA Ducati Marlboro Team 48m 20.443s
5. Alvaro Bautista ESP Rizla Suzuki MotoGP 48m 29.028s
6. Valentino Rossi ITA Ducati Marlboro Team 48m 57.985s
7. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing 49m 26.109s
8. Toni Elias ESP LCR Honda MotoGP 49m 45.397s
9. Hiroshi Aoyama JPN San Carlo Honda Gresini 49m 45.809s
10. Loris Capirossi ITA Pramac Racing Team 49m 56.771s
11. Hector Barbera ESP Mapfre Aspar Team 48m 10.582s
12. Randy de Puniet FRA Pramac Racing Team 48m 13.094s

Tidak Finis:
Marco Simoncelli
Jorge Lorenzo
Ben Spies

Info Selengkapnya

Sabtu, 11 Juni 2011

TDM-Bintang Group Jelajah Lampung


Sosialisasi Safety Riding dan Bakti Sosial

BANDAR LAMPUNG - Angka kecelakaan lalu lintas, khususnya sepeda motor, di Lampung masih tinggi. Kondisi ini disebabkan banyak faktor. Salah satunya tingkat kepedulian tentang keselamatan berkendara yang masih rendah. Juga masih banyak yang tidak memahami betapa pentingnya Safety Riding.

Menyadari kondisi itu, PT Tunas Dwipa Matra (TDM) sebagai main dealer sepeda motor Honda Lampung bersama Bintang Motor Group melakukan jelajah Lampung pada 2-3 Juni 2011. Kegiatan ini berupa konvoi untuk menyosialisasikan safety riding. Rute yang ditempuh yakni Bakauheni-Tanjungkarang-Pringsewu-Krui-Kotabumi-Bandarjaya dan Bandarlampung.

"Tujuan sosialisasi tersebut agar masyarakat peduli terhadap keselamatan berkendara. Dengan harapan tingkat kecelakaan menurun," kata M. Ichsanudin, Spv. Service Engineer.
Dia menyebutkan, dalam rangkaian konvoi tersebut juga dilakukan bakti sosial ke yayasan panti asuhan. Ini dimaksudkan membantu pembangunan panti asuhan. "sebagai wujud peduli kami terhadap panti asuhan dan keselamatan berkendara," imbuhnya.

Sebelumnya TDM menyosialisasikan safety riding kepada mekaniknya. Sedikitnya 27 mekanik perwakilan dari seluruh dealer Honda di Lampung yang mengikuti training ini. Tujuan dari training itu sendiri agar para mekanik tersebut dapat memberikan contoh terhadap masyarakat luas, bahwa mekanik Honda peduli terhadap keselamatan berkendara. Kegiatan ini juga akan dilaksanakan secara berkelanjutan.

Selain melaksanakan berbagai kegiatan, bentuk sosialisasi lainnya yang dilakukan Honda untuk safety riding ini adalah dengan melengkapi beberapa dealer Honda di Lampung dengan simulator berkendara sepeda motor. Alat tersebut dinamakan HRT, Honda Riding Trainer.

Jumat, 10 Juni 2011

Stoner Catatkan Waktu Tercepat



Silverstone - Casey Stoner langsung tancap gas sedari sesi latihan bebas pertama MotoGP Inggris. Pembalap Honda itu pun menyudahinya sebagai yang tercepat.

Di Silverstone, Jumat (10/6/2011) sore WIB, Stoner dengan cepat mengoleksi waktu bagus dan sukses mempertahankan catatan tersebut dari kejaran para rivalnya.

Pada akhirnya catatan 2 menit 3,748 detik yang ditorehkan Stoner pun menjadi yang terbaik dalam sesi ini, dengan Marco Simoncelli dari San Carlo Honda Gresini menjadi pembalap dengan waktu kedua terbaik.

Jorge Lorenzo dari Yamaha, yang tahun lalu hadir sebagai juara di Silverstone, di sesi ini hanya membuat waktu yang menempatkannya di posisi ketiga.

Pembalap Ducati Nicky Hayden membuntuti catatan waktu Lorenzo untuk menghuni posisi empat, diikuti Andrea Dovizioso (Honda) di posisi lima.

Juara dunia tujuh kali di kelas primer Valentino Rossi, tak mampu mencatatkan waktu yang menempatkannya di posisi 12.

Hasil FP I MotoGP Inggris:

1. Casey Stoner Honda 2m03.748s
2. Marco Simoncelli Gresini Honda 2m04.407s + 0.659s
3. Jorge Lorenzo Yamaha 2m04.756s + 1.008s
4. Nicky Hayden Ducati 2m04.778s + 1.030s
5. Andrea Dovizioso Honda 2m04.910s + 1.162s
6. Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha 2m05.007s + 1.259s
7. Ben Spies Yamaha 2m05.130s + 1.382s
8. Hector Barbera Aspar Ducati 2m06.158s + 2.410s
9. Alvaro Bautista Suzuki 2m06.274s + 2.526s
10. Randy de Puniet Pramac Ducati 2m06.573s + 2.825s
11. Karel Abraham Cardion Ducati 2m06.774s + 3.026s
12. Valentino Rossi Ducati 2m07.075s + 3.327s
13. Hiroshi Aoyama Gresini Honda 2m07.459s + 3.711s
14. Toni Elias LCR Honda 2m07.616s + 3.868s
15. Loris Capirossi Pramac Ducati 2m08.225s + 4.477s
16. Colin Edwards Tech 3 Yamaha 2m09.310s + 5.562s

Info Selengkapnya

Kamis, 09 Juni 2011

AHM Rilis Honda PCX Warna Putih


Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) merilis Honda PCX warna putih dengan kombinasi warna hitam untuk memberikan pilihan yang beragam ke konsumen dan memperkuat image sebagai produk premium.

Trend pertumbuhan pasar sepeda motor skutik berkembang sangat pesat. Berdasarkan data AISI periode Januari – April, kontribusi penjualan kategori skutik terus menguat hingga mencapai 1.341.795 unit atau 49.6% dari pasar nasional. Pada periode yang sama skutik Honda berhasil mendominasi penjualan dengan jumlah 699.168 unit atau 52.1% dari total pasar skutik di tanah air. Posisi Honda sebagai Raja Baru AT juga semakin kukuh dengan pencapaian ini.

Pada bulan Juni 2010, AHM mempelopori lahirnya sepeda motor berteknologi tinggi di segment motor skutik dengan meluncurkan Honda PCX (Personal Comfort Xaloon). Produk global Honda berkualitas dunia ini menjadi pionir skutik premium di Indonesia dengan pesona kemewahan dalam setiap detail desain bodinya.

Head of Corporate Communication AHM Kristanto mengatakan kehadiran Honda PCX telah menandai lahirnya era baru berkendara sepeda motor menggunakan skutik premium berteknologi tinggi.

“Sebagai flagship product, Honda PCX terbukti mampu memberikan kesan eksklusif kepada pemiliknya. Kehadirannya diterima dengan baik oleh konsumen di Indonesia karena menawarkan desain elegan, teknologi tinggi, dan kenyamanan berkendara, serta ketersediaan layanan purnajual yang eksklusif” ujarnya.

Untuk semakin menambah daya tarik dan memperkuat image PCX sebagai produk premium, AHM menambah pilihan warna dengan memperkenalkan Honda PCX warna putih dengan kombinasi warna hitam yang sebelumnya dengan kombinasi warna coklat. Warna ini dipilih karena mampu memberikan kesan mewah pada sebuah produk.

“Penambahan warna ini untuk memenuhi keinginan konsumen yang menanyakan warna lain yang juga mampu memberikan kesan mewah. Kami yakin penambahan warna putih ini dapat memenuhi keinginan konsumen dan memperkuat penjualan Honda di segmen skutik,” tambahnya.

Dari sisi teknologi, Honda PCX dilengkapi dengan teknologi tinggi yang belum pernah ada di skutik lain di Indonesia yaitu Idling Stop System. Teknologi ini akan mematikan mesin secara sementara setelah skutik berhenti dalam hitungan 3 detik dan pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi. Teknologi ini didukung oleh pengaplikasian alternator starter yang canggih dan pertama pada sebuah skutik. Teknologi inovatif Honda ini membuat skutik bermesin 125 cc PGM-FI ini semakin hemat bahan bakar dan ramah lingkungan, bahkan memenuhi standar emisi gas buang Euro 3.

Teknologi mesin V-matic Honda yang dikombinasikan dengan built-in liquid cooled akan menstabilkan temperatur mesin sehingga membuat Honda PCX memiliki tenaga besar, berakselerasi secara maksimal namun tetap efisien saat digunakan menempuh perjalanan jauh.

Sistem alarm anti malingnya memiliki kecerdasan dalam mendeteksi getaran dan gerakan untuk mengaktifkan sistem, dikendalikan oleh remote control. Sebuah persembahan istimewa dan pertama yang hanya ada di skutik premium Honda.

Tidak hanya itu, Honda PCX juga masih dilengkapi dengan kecanggihan sistem combi brake hidrolis dengan 3 caliper membuat jarak pengereman lebih pendek dan stabil saat pengereman.

Honda PCX juga menawarkan sensasi kenyamanan berkendaran melalui desain sit-in riding position, ban tubeless berprofil besar yang stabil, dan suspensi belakang ganda. Selain itu, Honda PCX juga dilengkapi dengan intelligent key shutter yang berfungsi sebagai pengaman kunci kontak bermagnet, tuas pembuka bagasi bervolume 32 liter yang dapat menyimpan helm fullface, serta membuka tutup tangki bensin berkepasitas 6,2 liter.

Dengan penambahan warna ini, konsumen memiliki empat pilihan warna Honda PCX yaitu White Shadow, Black Nighthawk, Silverstone Metallic, dan Goldbullion Metallic. AHM memasarkan Honda PCX dengan harga Rp 32.050.000,- (on the road DKI Jakarta) dengan target penjualan sebanyak 250 unit per bulan. Selengkapnya

Rabu, 08 Juni 2011

Peringati HUT ke-17 TAB, Honda Bagikan 1.000 Helm dan Tanam 1.700 Pohon

Jakarta—PT Astra Honda Motor (AHM) bekerja sama dengan PT Daya Adira Mustika (DAM) dan Tiger Association Bandung (TAB) melakukan aksi simpatik pembagian helm dan penanaman pohon dalam rangka memperingati 17 tahun berdirinya klub Honda Tiger tertua di Indonesia tersebut.


Sebanyak 1.000 helm ber-Standar Nasional Indonesia (SNI) dibagikan secara gratis di 17 lokasi di bandung, antara lain di Polrestabes, Cipaganti, Setiabudi, Pasteur, dll. Para biker anggota TAB terlibat langsung dalam kegiatan yang bertujuan mengampanyekan kegiatan safety riding di kalangan masyarakat ini.

Museum Rekor Indonesia atau MURI mencatat kegiatan pembagian helm ini sebagai sebuah rekor Kampanye Safety Riding Penggunaan Helm SNI secara Serempak di tempat terbanyak, 17 titik di Kota Bandung.

Istiyani Susriyati, Kepala Divisi Honda Customer Care Center (HC3) AHM mengatakan keselamatan berkendara merupakan salah satu fokus perhatian AHM. Karena itu, perusahaan tidak akan pernah berhenti menyosialisasikan tema keselamatan berkendara, termasuk soal menggunakan helm ber-SNI oleh para pengendara motor.

“Dengan semangat Brotherhood, bersama teman-teman anggota TAB yang sedang berulang tahun ke-17, kami mengingatkan masyarakat untuk senantiasa memperhatikan keselamatan dengan selalu menggunakan helm ber-SNI. Kegiatan ini menegaskan ATPM dan club motor memiliki tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat soal safety riding,” ujarnya.

TAB merupakan klub pertama Honda Tiger di Indonesia yang berdiri pada tahun 1994. Anggotanya saat ini sudah mencapai sekitar 3.500 orang. TAB ini merupakan cikal bakal berdirinya klub Honda Tiger lain di Indonesia yang jumlahnya mencapai 200 klub, baik yang tergabung dalam payung besar Honda Tiger Club Indonesia (HTCI), Honda Tiger Mailing List (HTML), maupun klub – klub lain.

Pada usianya yang ke-17, TAB merayakan ulang tahunnya dengan menggelar beragam kegiatan yang bertema “Seventeen Moment of Brotherhood in One Heart,” yang dipusatkan di Lapangan Gasibu, Bandung. Pada acara ini, panitia juga mengundang paguyuban motor honda se-Indonesia dan klub atau komunitas pengguna motor dari merek lain. Diperkirakan sekitar 6.000 bikers akan meramaikan acara yang berlangsung selama dua hari, 3-4 Juni 2011 ini. Pada hari terakhir, sekitar 800 biker berkumpul membentuk formasi “One Heart.”

Istiyani menyatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi perusahaan atas loyalitas konsumen, khususnya para anggota klub motor Honda Tiger. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi dan interaksi antar komunitas pecinta motor sport maupun konsumen Honda secara umum.


Sebanyak 1.000 helm ber-Standar Nasional Indonesia (SNI) dibagikan secara gratis di 17 lokasi di bandung, antara lain di Polrestabes, Cipaganti, Setiabudi, Pasteur, dll. Para biker anggota TAB terlibat langsung dalam kegiatan yang bertujuan mengampanyekan kegiatan safety riding di kalangan masyarakat ini.

Museum Rekor Indonesia atau MURI mencatat kegiatan pembagian helm ini sebagai sebuah rekor Kampanye Safety Riding Penggunaan Helm SNI secara Serempak di tempat terbanyak, 17 titik di Kota Bandung.

Istiyani Susriyati, Kepala Divisi Honda Customer Care Center (HC3) AHM mengatakan keselamatan berkendara merupakan salah satu fokus perhatian AHM. Karena itu, perusahaan tidak akan pernah berhenti menyosialisasikan tema keselamatan berkendara, termasuk soal menggunakan helm ber-SNI oleh para pengendara motor.

“Dengan semangat Brotherhood, bersama teman-teman anggota TAB yang sedang berulang tahun ke-17, kami mengingatkan masyarakat untuk senantiasa memperhatikan keselamatan dengan selalu menggunakan helm ber-SNI. Kegiatan ini menegaskan ATPM dan club motor memiliki tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat soal safety riding,” ujarnya.

TAB merupakan klub pertama Honda Tiger di Indonesia yang berdiri pada tahun 1994. Anggotanya saat ini sudah mencapai sekitar 3.500 orang. TAB ini merupakan cikal bakal berdirinya klub Honda Tiger lain di Indonesia yang jumlahnya mencapai 200 klub, baik yang tergabung dalam payung besar Honda Tiger Club Indonesia (HTCI), Honda Tiger Mailing List (HTML), maupun klub – klub lain.

Pada usianya yang ke-17, TAB merayakan ulang tahunnya dengan menggelar beragam kegiatan yang bertema “Seventeen Moment of Brotherhood in One Heart,” yang dipusatkan di Lapangan Gasibu, Bandung. Pada acara ini, panitia juga mengundang paguyuban motor honda se-Indonesia dan klub atau komunitas pengguna motor dari merek lain. Diperkirakan sekitar 6.000 bikers akan meramaikan acara yang berlangsung selama dua hari, 3-4 Juni 2011 ini. Pada hari terakhir, sekitar 800 biker berkumpul membentuk formasi “One Heart.”

Istiyani menyatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi perusahaan atas loyalitas konsumen, khususnya para anggota klub motor Honda Tiger. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi dan interaksi antar komunitas pecinta motor sport maupun konsumen Honda secara umum. Selengkapnya

Selasa, 07 Juni 2011

Honda Luncurkan NSF250R



Jakarta - Produsen motor Honda kembali menunjukkan inovasi. Pabrikan motor berlambang sayap tunggal mengepak tersebut memperkenalkan sebuah motor sport berkapasitas 250 cc terbaru mereka, NSF250R.

Motor ini merupakan motor kencang yang akan akrab dengan aspal sirkuit balap. Karena itulah tidak salah bila motor ini diikutsertakan dalam balapan Moto3 di GP Catalunya yang berlangsung kemarin.

Menurut rencana, motor yang kemarin diperkenalkan oleh Honda Racing Corporation (HRC) akan resmi dijual ke publik pada Desember 2011 mendatang.

Nah karena motor ini memang memiliki habitat dilintasan balap, maka tidak heran bila Honda merancangnya dengan tubuh yang ringan tapi memiliki tenaga yang cukup besar.

Di dapur pacunya terselip sebuah mesin liquid-cooled, 4-stroke, single cylinder, DOHC yang memiliki kapasitas 249 cc.

"Konsep NSF250R menggambarkan kepentingan kami untuk melangkah ke depan, untuk menciptakan standar baru di dunia balap. Karakter utama motor ini adalah tubuh yang ringan dan mesin yang kompak dengan tenaga besar dan efisiensi yang tinggi yang bisa digunakan dijalan atau di balapan," ungkap NSF250R Development Project Leader Yoshiyuki Kurayoshi seperti detikOto kutip dari autoevolution, Senin (6/6/2011).

"Ini adalah motor yang kompak dengan berat hanya 84 kilo dan memiliki tenaga maksimum hingga 35,5 kW, 13.000 rpm dan kapasitas bensin sampai 11 liter," tambahnya.

Di Spanyol, motor ini kabarnya akan dilepas dengan harga sekitar 23.600 euro atau sekitar Rp 291 jutaan. Selengkapnya

Sabtu, 04 Juni 2011

Roadshow 10.000 Senyum Spacy Helm In


Jangan lewatkan road show ini di kotamu! Banyak kegiatan seru menantimu: Bazaar, Games, Paket Kredit Khusus dan Riding Test Gratis berhadiah motor!

Jumat, 03 Juni 2011

Bensin Nyaris Kosong? Nggak Perlu Panik

Dalam perjalanan, mungkin kita pernah dihadapkan pada situasi dimana bensin mobil atau motor kita ternyata sudah minim, bahkan hingga lampu berlambang pompa bensin menyala atau berkedip.
Beberapa teman saya mengakui jika dihadapkan pada masalah seperti itu pasti sangat panik dan was-was, apalagi jika saat itu sedang dalam kondisi macet dan jauh dari SPBU (pom bensin).

Supaya tidak terjadi hal demikian, sudah pasti kita harus selalu memastikan tangki selalu terisi bensin atau solar (untuk diesel) yang cukup.
Minimal sepertiga tangki untuk amannya, sehingga pada saat-saat darurat kita tidak perlu panik karena bensin mau habis.
Tips di atas sudah terlalu umum rasanya, ya…

Coba kita mulai mengenal lebih jauh kendaraan kita, baik itu mobil maupun motor, coba cari tahu berapa sih rata-rata konsumsi bensinnya? 1 liter bensin bisa menempuh berapa kilometer?

Bagaimana cara mengukur konsumsi rata-rata bensin mobil dan motor?

Mobil dan motor, pada dashboard selalu ada Odometer.
Odometer adalah perangkat untuk mencatat jarak yang telah ditempuh oleh suatu kendaraan, cara bekerjanya secara mekanik atau elektronik.

Biasanya odometer sering dikaitkan untuk menentukan kendaraan tersebut jarang digunakan atau sering digunakan pada saat kita akan membeli mobil atau motor bekas. Sialnya odometer ini sering dimanipulasi pedagang mobil bekas agar terlihat mobil atau motor tersebut jarang digunakan.

Selain Odometer, biasanya dilengkapi juga dengan Tripmeter.
Perbedaannya adalah, Tripmeter bisa di Reset menjadi 0 (nol). Hal ini berguna untuk mengukur jarak tempuh dari lokasi A ke lokasi B.

Contoh Odometer dan Tripmeter digital (elektronik)


Contoh Odometer dan Trimeter (mekanik)


Contoh Odometer dan Trimeter (mekanik) pada motor

Contoh Odometer (digital) pada motor


Contoh Odometer dan Tripmeter digital (elektronik), tampilannya dalam satu layar LCD yang sama, digunakan tombol untuk memilih tampilan Odometer atau Tripmeter A dan Tripmeter B.


Nah, dengan memanfaatkan Odometer atau Tripmeter, kita bisa mengukur konsumsi rata-rata bahan bakar mobil atau motor kita secara sederhana.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Datangi SPBU, isi bensin hingga penuh (Full Tank). Sebelum meninggalkan SPBU, catat angka pada Odometer setelah bensin terisi penuh, atau Tekan RESET untuk membuat Tripmeter menjadi 0 (nol).
Gunakan mobil atau motor hingga bensin kurang dari setengah tangki atau hingga tinggal sedikit.
Datangi SPBU, isi bensin hingga penuh (Full Tank). Catat berapa liter bensin yang diisi hingga penuh tadi. Catat angka pada Odometer atau Tripmeter. Jika ingin selalu memantau konsumsi bahan bakar kita, lakukan selalu no.1-6 di atas setiap mengisi bensin, tulis dalam buku catatan atau PDA.

Sekarang lanjut dengan perhitungan sederhana…


Angka Odometer saat pengisian terakhir, dikurangi angka Odometer pada saat pengisian sebelumnya, hasilnya dibagi dengan jumlah liter bensin yang diisi pada saat pengisian terakhir.

Untuk contoh di atas, motor Suzuki Shogun 125R saya ternyata rata-rata konsumsi bahan bakarnya 1 liter dapat menempuh jarak hingga 51 kilometer. ( Pertamax Plus )

1 liter : 51km atau 51km/liter

TIPS:

Memperkirakan jarak tempuh di saat kondisi kritis.

Mari bermain dengan kondisi kritis, kita coba menghitung berapa jarak tempuh mobil atau motor kita jika bensin diisi fulltank?

Kita perlu mencari tahu berapa kapasitas tangki bensin mobil atau motor kita terlebih dahulu.

Untuk motor saya contohnya begini..

Kapasitas tangki Suzuki Shogun = 4,5 liter
Dikurangi cadangan agar tidak mogok di jalan = 0.3liter
Konsumsi rata-rata bensin = 51km/liter
Perkiraan jarak yang dapat ditempuh jika fulltank adalah = 51km x (4,5 – 0,3) = 219,3km

Untuk mobil saya contohnya begini..

Kapasitas tangki BMW 520i = 81 liter
Dikurangi cadangan agar tidak mogok di jalan = 10 liter
Konsumsi rata-rata bensin = 6 km/liter
Perkiraan jarak yang dapat ditempuh jika fulltank adalah = 6km x (81 – 10) = 426km

Dengan mengetahui hal di atas, maka akan bermanfaat ketika kita mengalami situasi sebagai berikut:

Saya akan pergi cukup jauh, kira-kira jarak tempuhnya adalah 40km, maka saya membutuhkan bensin sebanyak 40 : 6 = 6,66 liter.
Bensin sudah cukup minim, namun tidak menemukan SPBU selama perjalanan.
Jarak yang akan ditempuh sekitar 20km lagi, namun ketika melihat odometer dan catatan sebelumnya saya dapat memperkirakan jarak yang masih dapat ditempuh dengan kondisi bensin saat itu sehingga lebih tenang.
Kita bisa menganalisa pemakaian BBM setiap minggunya, apakah minggu ini boros, dan sebagainya.
Karena mobil sudah cukup tua, tiba-tiba jarum penunjuk bensin di dashboard mati.
Saya tetap bisa memperkirakan jarak yang dapat ditempuh dari jumlah bensin yang saya isi di SPBU.
Misalnya saya isi 20liter, maka saya akan reset Tripmeter, dan diperkirakan mobil saya akan dapat menempuh sekitar 100-120km.
Jika kita mengetahui persis kapasitas tangki bensin kita, maka kita dapat menilai SPBU mana yang metering nya tidak akurat atau malah bisa dikatakan korupsi.
Silahkan ditambahkan pada form komentar….
TIPS TAMBAHAN:

Umumnya ketika jumlah bensin sudah minimum, indikator berlambang pompa bensin (Tentile Light) akan menyala atau berkedip. Indikator ini juga dapat kita manfaatkan untuk memperkirakan jarak yang masih dapat ditempuh oleh mobil atau motor kita. Tentunya setiap jenis mobil maupun motor akan berbeda-beda pada saat bensin tinggal berapa liter lampu itu akan menyala.

Contohnya, pada motor Suzuki Shogun 125R indikator akan berkedip pada saat bensin tinggal sekitar 0,5 liter. Artinya, saya masih dapat menempuh jarak sejauh sekitar 25 kilometer untuk mencari SPBU.
Untuk mobil BMW 520i e34, indikator akan menyala pada saat bensin tinggal sekitar 8 liter. Artinya, saya masih dapat menempuh jarak sejauh sekitar 48 kilometer untuk mencari SPBU.

Nah setelah kita sudah mengenal mobil atau motor kita, maka kita tidak perlu panik jika bensin nyaris kosong. Kita bisa lebih tenang dan melakukan perhitungan jarak tempuh dan sebagainya. Selengkapnya


Semoga bermanfaat.

Rabu, 01 Juni 2011

Peduli Penghematan BBM, AHM Gelar Adu Jagoan Irit Revo 2011



Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) berkomitmen selalu menyuguhkan produk hemat bahan bakar dan ramah lingkungan namun tetap powerful. Untuk membuktikannya, dengan menggandeng sejumlah main dealer, perusahaan menggelar lomba Adu Jagoan Irit Revo di beberapa kota besar.

Harga minyak mentah dunia yang semakin mahal membuat harga bahan bakar nonsubsidi terus merangkak naik. Pada saat yang sama stok bahan bakar fosil yang tidak dapat diperbarui ini diyakini akan semakin menipis. Kondisi ini mendorong Honda sebagai produsen sepeda motor untuk terus berinovasi menciptakan produk yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Produk motor hemat bahan bakar akan berperan penting dalam upaya penghematan konsumsi BBM jika dibarengi dengan cara berkendara yang baik dan kebiasaan merawat sepeda motor yang benar dan teratur. Dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap persoalan penghematan BBM inilah, AHM mengadakan Adu Jagoan Irit Revo 2011.

“Adu Jagoan Irit Revo 2011 bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penghematan BBM sekaligus memberi kesempatan ke konsumen untuk membuktikan keiritan Honda Revo,” kata GM Marketing Planning and Analysis AHM Agustinus Indraputra.

Kegiatan ini digelar secara nasional di 10 kota besar bekerja sama dengan beberapa Main Dealer Honda seperti PT Wahana Makmur Sejati yang akan mengawali kegiatan ini di kota Tangerang pada tanggal 22 Mei 2011. Pada tahap berikutnya, secara terpisah akan digelar secara bersamaan pada tanggal 29 Mei 2011 di Alun-Alun Klaten bekerja sama dengan PT Astra International Tbk. Honda Sales Operation Cabang Semarang (AI-HSO Semarang), Lapangan Joglo Cianjur Jawa Barat - PT Daya Adira Mustika, dan Lapangan Albatros Sidoarjo Jawa Timur - PT Mitra Pinasthika Mustika. Dilanjutkan pada 5 Juni 2011 di Pantai Losari Makassar bekerjasama dengan AI-HSO Makassar.

Kegiatan Adu Jagoan Irit Revo 2011 ini berikutnya diadakan pada 12 Juni 2011 di Lapangan MTQ Pekanbaru - PT Capella Dinamik Nusantara, PTC Palembang - AI-HSO Palembang dan Carrefour Yamin Ginting Medan - CV Indako Trading Company. Sebagai penutup, kegiatan ini akan diselenggarakan pada 26 Juni 2011 di Lapangan Melati Sleman DIY – AI-HSO Jogjakarta dan Lapangan Saburai Lampung – PT Tunas Dwipa Matra.

Di setiap kota penyelenggaraan, Adu Jagoan Irit Revo 2011 akan dilaksanakan dengan mengambil rute jalan-jalan umum dan berkendara secara berboncengan dengan tujuan dapat memberikan suasana dan kondisi berkendara sehari-hari pada peserta. Jarak tempuh yang ditetapkan berkisar 10 km-20 km.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua kategori peserta yaitu umum dan jurnalis dengan ketentuan Honda Revo 110 dalam kondisi standar. Dengan kondisi mesin standar dan kondisi lalu lintas riil ini, diharapkan konsumsi BBM ideal pada Honda New Absolute Revo dapat dibuktikan sendiri oleh masyarakat.

Honda New Revo 110 memiliki mesin 4 tak dengan kapasitas 110 cc yang sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru EFT (Efficient & Low-Friction Technology) dan teknologi SASS (Secondary Air Supply System) & CECS (Crankcase Emission Control System). Mesin ini sudah terbukti tangguh dengan performa tinggi namun tetap efisien dalam bahan bakar serta ramah lingkungan.

Pelaksanaan lomba ini terbagi dua hari, Sabtu dan Minggu. Hari pertama, semua motor peserta akan diperiksa dan oli serta busi akan diganti. Setelah diberi penjelasan soal safety riding, aturan dan rute lomba, peserta akan mendapat kesempatan melakukan uji rute.

Pada hari kedua, setelah pendaftaran dan pemeriksaan ulang, panitia akan memasangkan tabung bensin dan pengukuran awal BBM yang dilanjutkan dengan pengibaran bendera start. Dengan konsep “amazing race,” peserta lomba akan diwajibkan untuk mengikuti games dan mengunjungi cek poin yang sudah ditentukan sebelumnya untuk berbelanja dengan menggunakan uang yang sudah disiapkan.

Setiba di garis finish, panitia akan melepas tabung bensin sekaligus melakukan pengukuran akhir BBM untuk menentukan pemenang lomba ini. Di setiap kota, akan dipilih pemenang dengan predikat “Jagoan Kita Semua” di mana tak hanya konsumsi BBM teririt yang jadi penentu tapi juga kecepatan waktu peserta, kelengkapan cek poin, dan sisa uang kembalian terbanyak. Predikat pemenang lain adalah “Jagoan Irit.” Pemenangnya ditentukan dengan kriteria konsumsi bahan bakar teririt, ketentuan belanja minimal 1 item, kelengkapan cek poin, dan waktu tercepat 1, 2, dan 3.

Untuk memeriahkan acara, di setiap kota juga akan digelar kegiatan lain seperti Pameran unit dan penjualan suku cadang, kompetisi safety riding, Calculator Absolute Revo, Hiburan, Games, Bazar, Cuci Motor Gratis, dan pengundian beragam doorprize.

Di pasar domestik, Honda Revo Series sepanjang Januari-April tahun ini tercatat terjual 270.688 unit. Untuk memperkuat penetrasinya, pada pertengahan Maret lalu AHM melakukan penambahan varian yakni Revo Fit dan perubahan tampilan Revo Spoke & Cast Wheel dengan desain yang lebih modern dan sporty, sekaligus menambah fitur baru sehingga menjadi lebih fungsional. Utility box di bawah jok yang tadinya berkapasitas hanya 4,7 liter, kini lebih luas menjadi dengan kapasitas 7 liter.
Info Selengkapnya