Jumat, 30 November 2012

Dalam 3 Pekan Peminat Honda CB150R StreetFire Hampir 2.500 Orang

Jakarta - Belum genap sebulan sejak pertama kali diperkenalkan pada Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012, peminat Honda CB150R StreetFire terus bertambah secara signifikan. PT Astra Honda Motor (AHM) mencatat sebanyak 2.447 peminat telah mendaftarkan diri untuk membeli motor sport terbaru Honda ini. Honda CB150R StreetFire yang akan diluncurkan secara resmi oleh AHM dalam waktu dekat, saat ini menjadi sepeda motor Honda yang paling dinanti kehadirannya di pasar sport nasional. Seiring dengan banyaknya peminat model ini, AHM telah membuka pendaftaran melalui JMCS 2012 dan website komunitas perusahaan www.welovehonda.com. Dalam kurun waktu 1-23 November, tercatat sebanyak 2.447 orang telah mendaftarkan diri untuk membeli motor sport terbaru Honda ini. Data ini nanti akan ditindaklanjuti dengan menyediakan unit setelah produk terbaru Honda ini diluncurkan secara resmi. Deputy GM Sales Division Thomas Wijaya mengatakan besarnya minat terhadap Honda CB150R StreetFire melebihi perkiraan perusahaan, apalagi model ini belum secara resmi dirilis ke pasar. Hal ini semakin memicu AHM untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik kepada masyarakat Indonesia. “Kami tidak menyangka Honda CB150R StreetFire telah berhasil memikat hati banyak pecinta motor sport, bahkan jauh sebelum diluncurkan secara resmi oleh perusahaan. Kami akan berusaha memenuhi harapan ribuan peminat model ini dengan memprioritaskan penyediaan unit setelah produk ini diluncurkan resmi,”ujarnya. Berdasarkan catatan perusahaan, peminat Honda CB150R StreetFire yang mencatatkan diri sebagian besar berasal dari pulau Jawa. Namun peminat dari pulau-pulau Tanah Air lainnya pun tercatat cukup banyak. “Domisili peminat Honda CB150R StreetFire sangat beragam. Sebagian besar masih berasal dari pulau Jawa. Kami juga terapresiasi dengan peminat-peminat yang berasal dari pulau-pulau lain, bahkan kami mencatat ada beberapa konsumen yang berasal dari Papua. Ini menunjukkan penerimaan terhadap model ini sudah menyebar di seluruh Indonesia.” HondaCB150R StreetFire dibekali mesin DOHC, 6 Speed Inheritance of CBR150R Engine, dengan menggunakan New Innovative Truss Frame. Pada JMCS 2012, hadir juga dua model modifikasi HondaCB150R StreetFire yang mengusung konsep Urban Street Fighter dan Honda Tricolor. Info Selengkapnya

Kamis, 29 November 2012

Honda Racing School AHM Kembali Rekrut Calon Pembalap

Denpasar - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali melanjutkan program pembinaan pembalap masa depannya dengan merekrut bibit-bibit pembalap muda melalui program Honda Racing School (HRS) tahap II tahun ini. Pelaksanaan HRS tahap II tahun ini dipusatkan di Sirkuit Speed City Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali pada 26-29 Nopember 2012. Tahap pertama telah dilaksanakan di Sentul International Karting Circuit (SIKC) pada bulan Juli lalu. HRS merupakan program AHM untuk menyiapkan pembalap masa depan melalui pola pembinaan yang berjenjang dan terstruktur. Program ini sendiri memasuki tahun ketiga penyelenggaraan sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2010. General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM Agustinus Indraputra mengatakan pembinaan para calon pembalap ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung pada pengembangan dunia balap di tanah air. Program HRS tahap II tahun ini berhasil menjaring 10 siswa terpilih dengan usia di bawah 15 tahun dari berbagai daerah di Indonesia, mulai Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Bali. Mereka disaring dari berbagai pengamatan yang dilakukan tim AHM terhadap event kejuaraan balap daerah maupun kejuaraan nasional dan event balap lokal. Melalui HRS ini, AHM membina para pembalap muda usia tersebut. Setelah belajar dan berlatih di HRS mereka akan mendapat kesempatan tampil di event final one make race, Honda Racing Championship. Mereka bahkan mendapat kesempatan bertanding di ajang kejuaraan nasional Motorprix maupun Indoprix jika ada tim Honda yang tertarik dan merekrutnya. “Jika prestasinya di tim Honda terus meningkat, kami akan dorong agar dapat bertanding ke ajang balap international. Jadi pembinaan yang kami lakukan sifatnya bertahap dan berkelanjutan sehingga bukan sekadar berpartisipasi di dunia balap saja,” ujar Indraputra. Manager Safety Riding and Motor Sports Department AHM Anggono Iriawan menyatakan pihaknya sudah menyiapkan kurikulum khusus untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan balap siswa HRS. Implementasi kurikulum ini akan dilakukan dibawah bimbingan dua pelatih yang sudah dipilih AHM yaitu Wawan Hermawan dan Putu Roy Nugraha. Keduanya merupakan pembalap berpengalaman dengan jam terbang yang tinggi bertanding di berbagai sirkuit, baik yang permanen dalam negeri maupun luar negeri, atau juga lintasan non permanen. “Prinsipnya skill mereka akan diasah. Skill cornering, braking, racing line, overtaking dan hal-hal lain yang berguna akan kami ajarkan. Mereka juga harus mampu menaklukkan beragam sirkuit karena seri kejurnas dilakukan di sirkuit permanen dan non permanen” Anggono menambahkan pemilihan sirkuit Speed City GWK Bali ini karena sikuit ini memiliki dua karakter sirkuit, permanen maupun non permanen. Selain dilengkapi dengan speed corner yang butuh pengasahan skill rolling speed, juga terdapat tikungan yang harus ditaklukkan dengan hard-braking yang jadi ciri khas sirkuit non permanen di Indonesia. Info Selengkapnya

Rabu, 28 November 2012

Honda CBR600RR Alami Perubahan Signifikan di Milan Show 2012

Sempat menjadi show stopper di ajang Jakarta Motorcycle Show 2012, Honda CBR600RR kini gantian dipajang di gelaran Milan Show 2012. Menariknya, berbeda dengan CBR600RR yang diperkenalkan di Tanah Air, Honda telah memberikan make over yang jauh lebih komprehensif mulai dari suspensi, bodywork chassis, styling, hingga bahan bakar injeksi dan sistem ABS. Dikutip dari laman Motorcycle News, perubahan terbesar dari segi mekanis terletak pada Showa Big Piston Fork yang dipasang pada CBR600RR tersebut. Piston ini bertujuan untuk mencegah terjadinya goncangan saat motor melakukan pengereman berat. Pabrikan motor asal Jepang tersebut juga telah membuat ringan frame/chassis motor di daerah yang jauh dari pusat gravitasi sesuai dengan masukkan dari tim racing Honda di seluruh dunia.Chassis tersebut semakin mantap dengan velg aluminium yang ringan 12-spoke seperti Fireblade sehingga motor semakin stabil saat dikendarai. Sementara itu, dari segi desain lampu utama, Honda CBR600RR yang ditampilkan di Milan Show 2012 itu terinspirasi dari motor prototipe RC213V yang digunakan pada ajang MotoGP. Canggihnya, desain ini membawa keuntungan aerodinamis hingga 6,5% dalam posisi normal berkendara. Bukan hanya itu, Honda CBR600RR ini juga mengalami perubahan pada bagian dapur pacu dengan merevisi sistem bahan bakar injeksi yang baru. Honda CBR600RR kini menggunakan sistem “twin fuel injectors” yang dapat bekerja secara bergantian bersama dengan Valve Intake Air Control untuk menstabilkan rpm saat mesin motor diam. Terakhir perubahan juga terjadi dari sistem pengereman ABS (Anti-lock Brake System). Honda CBR600RR yang dipajang di Milan Show telah mendapatkan pembaruan software ABS yang dikembangan dari sepeda motor balap, German Superbike Series.

Selasa, 27 November 2012

BeAT FI 72 Jam Dimasukkan ke Air

Bandar Lampung, PT Tunas Dwipa Matra (TDM), dealer utama motor Honda di Lampung menggelar event spektakuler BeAT FI anti banjir yang berlangsung selama tiga hari , 27-29 November atau 72 jam. Dalam gelaran ini, motor unggulan Honda BeAT FI akan diuji ketahanan mesin dengan dimasukkan dalam kotak berisi air. Spv. Promotion PT TDM Stefanus Yullian Dehaan mengutarakan, motor skuter matik tersebut terlebih dahulu dimasukkan dalam kotak khusus berukuran panjang 2,15 meter, lebar 0,8 meter dan tinggi 0,6 meter. Selanjutnya, kotak akan diisi air setinggi lutut orang dewasa. "Besok (hari ini)mulai pukul 08.00 WIB acara digelar. Setelah motor dimasukkan ke dalam kotak, segera diisi air. Selanjutnya selama 72 jam non stop atau tiga hari mesin motor akan dihidupkan terus menerus. Masyarakat pun bisa menyaksikan acara ini secara gratis karena akan digelar di area parkir mobil showroom TDM jalan Raden Intan, " jelas Dehaan, sapaan akrab pria ini ketika ditemui di Tribun di ruang kerjanya, Senin (26/11). Diungkapkannya lagi, acar BeAT FI anti banjir diadakan untuk menguji ketahanan mesin motor dan baru kali pertama diadakan di Indonesia. Apalagi, Bumi Ruwa Jurai sudah memasuki musim hujan. Jika tiba-tiba kondisi ruas jalan banjir, pengendara Honda BeAT FI tak perlu khawatir mesin motor akan mati secara tiba-tiba. "Kami ingin buktikan, BeAT tidak hanya unggul dari konsumsi bahan bakar dengan perbandingan 90,3:1 tapi juga mesinnya "bandel". Apabila kondisi jalan banjir ataupun tergenang air, motor akan tetap melaju, konsumen tak perlu ragu lewatin jalan ataupun takut mesin motor mati tiba-tiba karena Honda BeAT akan tetap melaju," ujar Dehaan.

Senin, 26 November 2012

Honda Punya Skuter Baru Mesin 300cc

MILAN – Segmen skutik tetap menjadi pilihan sebagai kreasi baru buat Honda. Pabrikan sepeda motor asal Jepang melansir varian skutik dengan ukuran gambot dengan nama NSS300 Forza. Honda menempatkan NSS300 Forza di atas skutik yang sudah hadir lebih dulu dan memiliki nama besar, Honda PCX. Hebatnya, Honda NSS300 Forza langsung menjadi motor yang difavoritkan di ajang Milan Auto Show, atau EICMA 2012. Honda NSS300 Forza akan diluncurkan lebih dulu di pasar automotif Eropa dan Amerika Serikat. Belum ada potensi besar skuter berkapasitas menengah ini akan dilansir di pasar Asia, ataupun Asia Tenggara. Power motor ini menggunakan mesin dengan kapasitas 279cc, satu silinder dan sudah berpendingin cair. Dengan mesin tersebut, skuter gambot ini mampu mengembangkan daya mencapai 24 horsepower pada putaran mesin 8.250 RPM, sementara torsi puncak mencapai 25,7 Nm pada putaran 6.000 RPM. Mesin dipadukan dengan transmisi matik, dan mencatat angka efisiensi bahan bakar mencapai 30,8 kilometer per liternya. Angka ini cukup irit, untuk ukuran motor skutik di atas seperempat liter. NS2300 Forza sudah dilengkapi dengan fitur keamanan Combinen ABS, dimana rem depan dan belakang dapat aktif secara bersamaan dengan cukup menarik satu tuas rem saja. Info Selengkapnya

Sabtu, 24 November 2012

Honda CB150R StreetFire Idaman Otolovers

Jakarta - Fitur sapaan HI Bro di motor V-Ixion boleh saja mendunia lewat obrolan di Twitter, namun di mata pembaca detikOto, motor Honda CB150R StreetFire lebih diminati. Setidaknya itu hasil polling detikOto yang dimulai sejak awal November sampai 23 November 2012 ini. Yamaha sudah meluncurkan motor V-Ixion terbaru, sementara Honda baru akan meluncurkannya akhir tahun ini. Dengan perkiraan harga yang akan bersaing ketat. Dari 2 motor tersebut, Honda CB150R StreetFire lebih disukai dengan persentase yang melebihi Yamaha V-Ixion. Berikut hasil pollingnya. Yamaha V-Ixion 28,02 % Honda CB150R StreetFire 71,98 % Total suara: 571 Info Selengkapnya

Jumat, 23 November 2012

AHM Donasikan Sepeda Motor dan Mesin Produksi ke ITB

Bandung—PT Astra Honda Motor (AHM) mendonasikan sepeda motor dan mesin produksi kepada Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mendukung pengembangan kemampuan dan keterampilan di bidang otomotif dan manufaktur bagi mahasiswa di perguruan tinggi tersebut. Pemberian donasi ini merupakan salah satu bentuk kegiatan corporate social responsibility (CSR) dari AHM di bidang pendidikan yang dilakukan tahun ini. Donasi sebanyak 7 unit sepeda motor, 10 mesin produksi dan 2 unit engine cutting diserahkan langsung oleh Direktur Produksi, Procurement, dan Engineering AHM Hamdhani kepada Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Organisasi Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof. Irawati, Ph.D. Acara penyerahan berlangsung di Auditorium Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB, pada Kamis 22 November 2012. “Kami berharap sepeda motor maupun peralatan mesin produksi yang kami donasikan ini akan bermanfaat sebagai salah satu sarana pengembangan ilmu dan pengetahuan otomotif dan manufaktur mahasiswa ITB,” ujarnya. Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Prof. Yatna Yuwana Martawirya menyatakan donasi dari AHM ini sangat membantu pihak ITB dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang otomotif dan manufaktur, terutama bagi mahasiswa yang memiliki minat tinggi untuk mempelajari teknologi kendaraan bermotor roda dua. “Terima kasih kepada AHM atas kepercayaannya terhadap ITB untuk memanfaatkan produknya sebagai salah satu sarana penelitian dan pengembangan di kampus kami.” SMK Otomotif Selain donasi untuk ITB, AHM juga telah mendonasikan sebanyak 30 unit sepeda motor ke 18 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang otomotif di Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Bantuan unit sepeda motor ini diharapkan mampu mendukung sarana praktek bagi implementasi kurikulum teknik sepeda motor (TSM) di setiap sekolah. SMK khususnya jurusan TSM saat ini berkembang cukup pesat karena dianggap mampu menghasilkan lulusan yang siap kerja. Perkembangan SMK Jurusan TSM yang sangat pesat ini disambut baik oleh AHM dengan menggandeng beberapa SMK untuk menjadi mitra dalam meningkatkan skill para siswa melalui implementasi kurikulum TSM Honda. Kristanto, Head of Corporate Communication PT AHM mengatakan dengan donasi ini perusahaan berharap dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan terutama yang terkait dengan teknologi di bidang otomotif roda dua. “Sampai saat ini kami sudah bekerja sama dengan 57 SMK untuk implementasi kurikulum TSM Honda. Kami berharap langkah ini dapat ikut memberikan bekal yang lebih baik sehingga para lulusan SMK memiliki kompetensi dan lebih siap masuk ke dunia kerja.” Info Selengkapnya

Rabu, 21 November 2012

Honda CBR250R di Indonesia Tak Bermasalah

JAKARTA – Masalah pada rem depan yang dialami Honda CBR250R di India, tidak menular ke Indonesia. CBR250R yang ada di Indonesia berbeda produksi dengan India. Seperti dijelaskan Direktur Marketing Astra Honda Motor (AHM) Margono Tanuwijaya, CBR250R yang dijual di Indonesia, diproduksi dan diimpor secara utuh dari Thailand. Sementara CBR di India, diproduksi secara lokal di India. “CBR250R di Indonesia aman dan tidak ada masalah seperti yang terjadi di India,” tegas Margono Tanuwijaya saat dihubungi Okezone, Selasa (20/11/2012). Sebelumnya diberitakan, Honda India harus melakukan penarikan kembali pada 11.500 unit Honda CBR250R. Recall ini dilakukan setelah ditemukan adanya masalah pada rem depan. Varian yang terkena recall adalah yang diproduksi antara Maret 2011 sampai dengan September 2012. "Ada kemungkinan kerusakan pada aplikasi rem depan, meskipun kekhawatiran ini tidak mempengaruhi fungsi pengereman secara keseluruhan. Efektivitas rem depan dan belakang masih dalam kondisi naik normal," jelas Honda dalam sebuah pernyataannya seperti dilansir Motorbeam. Masalah pada rem depan ini hanya terjadi di CBR250R versi non-ABS. Sementara CBR250R versi ABS tidak ada kendala. Info Selengkapnya

Selasa, 20 November 2012

TDM Gelar Kompetisi Komunitas Motor Honda

Bandar Lampung - Honda Mega Pro Club Lampung terpilih sebagai pemenang dan menjadi Duta PGM Fi Honda Lampung yang diselenggarakan dealer utama Honda di Lampung PT Tunas Dwipa Matra (TDM. Honda Megapro Club Lampung berhak membawa pulang hadiah uang tunai sejumlah Rp. 4 juta, trofi, piagam, rompi limited edition, serta pin duta PGM Fi. Pemenang kedua, dengan perolehan hadiah uang tunai Rp. 1 juta dimenangkan Honda Beat Club Lampung. Sedangkan pemenang ketiga diraih Honda Supra X 125 Bandar Lampung dengan hadiah uang tunai Rp. 500 ribu. Manager TDM Dony Ronaldo mengatakan, PT Tunas Dwipa Matra (TDM) sebagai main dealer sepeda motor Honda Provinsi Lampung menyelenggarakan kompetisi duta PGM Fi untuk komunitas sepeda motor Honda di Lampung. Kompetisi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian TDM terhadap komunitas Honda agar lebih paham tentang teknologi PGM Fi yang digunakan sepeda motor berlambang sayap terbang. "Tujuannya untuk memberikan edukasi kepada seluruh anggota klub terhadap sistem suplai bahan bakar pada sepeda motor Honda yang lebih dikenal dengan sistem PGM Fi, " kata Dony. Dengan adanya kompetisis ini, diharapkan klub bisa belajar dan memahami lebih banyak terhadap teknologi PGM Fi yang akan diaplikasikan pada semua tipe sepeda motor Honda pada 2013 " Serta dapat menginformasikan dengan baik kepada keluarga, teman, kerabat dan semua orang yang belum mengetahui sistem PGM Fi ini" katanya. Selain itu, panitia menyediakan hadiah untuk kategori nilai post test terbaik, karya tulis terbaik, lomba upload kegiatan di media virtual dan lomba lain dengan total hadiah Rp. 10 juta.

Senin, 19 November 2012

Seminar Pemilik AHASS Lampung

PT. Tunas Dwipa Matra selaku Main Dealer Honda Lampung yang memimpin pasar penjualan Sepeda Motor Honda di Lampung dengan market share 61% di bulan Oktober 2012, pada hari Sabtu 17 November 2012, telah dilaksanakan acara seminar pemilik AHASS yang bertempat di Cendana room Bukit Randu Hotel dengan tema “Strategi Bengkel AHASS dalam menyikapi kemajuan Teknologi dan Promosi”, seminar di ikuti oleh 40 Pemilik AHASS terpilih dan mengundang pembicara dari 3B consulting yaitu Cahyana Puthut Wijarnaka yang biasa menjadi pembicara pada acara Seminar Pemilik AHASS nasional yang diadakan oleh PT. Astra Honda Motor. Seminar ini berkaitan dengan deklarasi kesiapan AHASS untuk menerima servis motor PGM-FI Honda. Selain itu Seminar ini banyak membahas tentang pengelolaan bengkel dan cara promosi yang efektif di AHASS, peserta seminar juga diajak aktif untuk berdikusi mengenai permasalahan/kendala yang dihadapi di AHASS-nya masing-masing dan diberikan pilihan solusi yang dapat diterapkan di AHASS. “Dengan seminar ini diharapkan para pemilik AHASS lebih termotivasi lagi dalam pengembangan AHASS di masing-masing daerahnya” menurut Bapak Sahat Josua Silalahi selaku Service Manager PT. Tunas Dwipa Matra (Main Dealer Honda Lampung) “Acara ini kami rasa sangat positif untuk memotivasi semangat kami dalam menjalankan bisnis AHASS “ komentar Andri pemilik AHASS ANDRI MOTOR tanjung bintang.

CBR1000RR, Motor Terbaik dari Honda

TOKYO – Honda mengklaim, varian sport terbarunya new CBR1000RR adalah motor sport terbaik yang pernah mereka buat. Lalu apakah yang membuat CBR1000RR ini menjadi motor terbaik. Beberapa fitur canggih sudah tersemat di motor sport full fairing ini, seperti rem Combined-ABS. Fitur tersebut bisa dipesan sebagai opsional tambahan. Mesin baru dilengkapi dengan electronic steering damper dan assisted slipper pada kopling. Ini mampu membuat respon lebih cepat, dan membantu penurunan gigi yang lebih halus. Lalu sistem pembakaran injeksi dengan elektronik dual-stage. Mesin 999cc ini mendapat asupan bahan bakar dalam jumlah yang presisi diatur secara komputerisasi, tanpa ada bahan bakar yang terbuang percuma. Honda CBR1000RR 2013 dilengkapi dengan panel instrumen LCD yang mudah dibaca, lengkap dengan data-data motor, seperti lap timer, jarak perjalanan dan konsumsi bahan bakar, customizable shift indicator lima level, indikator posisi persneling dan memori dari torsi tertinggi. Honda CBR1000RR versi paling standar dijual dengan harga USD13.800 (Rp132,8 jutaan). Sementara versi ABS dilepas USD14.800 atau Rp142,5 juta. Juga tersedia Honda CBR1000RR dengan skema warna HRC plus striping Repsol lengkap dengan logo HRC dan juga tagline Astra Honda Motor (AHM) One Heart, dimana AHM memang menjadi sponsor resmi di ajang balap MotoGP. Info Selengkapnya

Sabtu, 17 November 2012

Injeksi Honda Rajai Indoprix

Honda berhasil membuktikan keunggulan performa motor injeksinya setelah berhasil meraih gelar juara umum kategori team di kelas IP125 ajang balap motor nasional paling bergengsi, Indoprix. Kontribusi poin terbesar diperoleh dari kemenangan berturut-turut tim balap yang didukung oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dengan menggunakan Honda Supra Injeksi. Astra Motor Racing Team (ART) menjadi tim andalan yang didukung AHM sepanjang kejuaraan Indoprix tahun ini. Kesuksesan team ini dipicu oleh keterampilan dan ketangguhan pembalap ART, Denny Triyugo, dalam mengendarai Honda Supra Injeksi yang mengantarkannya menduduki posisi ketiga dalam ajang ini. GM Marketing Planning and Analysis Division AHM Agustinus Indraputra mengatakan keikutsertaan perusahaan yang sudah memasuki tahun ketiga di Indoprix semakin menunjukkan prestasi terbaiknya. Tahun ini, melalui tim yang didukungnya AHM berhasil menunjukkan keunggulan performa sepeda motornya yang menggunakan teknologi injeksi. “Menjadi juara umum katagori team kali ini tentu merupakan hasil yang membanggakan. Prestasi ini membuktikan motor Honda tidak hanya unggul dalam konsumsi BBM. Performanya juga sudah terbukti handal di arena balap, termasuk yang menggunakan teknologi injeksi.” Tahun ini menjadi tahun pertama keikutsertaan Honda Supra Injeksi dalam seri Indoprix. Berbagai riset terhadap bebek injeksi Honda ini dilakukan dengan dukungan Honda Racing Corporation (HRC) dan Honda Gikken Asaka (HGA) yang berkantor pusat di Jepang. “Tim ART merupakan salah satu tim Honda yang konsisten dan serius dalam ajang ini. AHM akan terus mendukung tim-tim balapnya untuk terus berprestasi di tingkat yang lebih tinggi.” Info Selengkapnya

Jumat, 16 November 2012

Polling Desain Ditutup, Honda CB150R Ungguli Yamaha New V-Ixion!

Tepat seminggu yang lalu, artikel pooling desain Honda CB150R vs Yamaha New V-Ixion resmi dibuka (klik di sini) . Konsennya kali ini hanya membicarakan soal desain. Keduanya punya desain yang sama-sama menarik dengan konsep yang berbeda. New V-Ixion dengan tarikan garis-garis tajam dan sasis deltabox, sedang CB150R punya rangka turbular dengan lekukan bodi dinamis. Nyatanya, artikel polling ini cukup digemari pembaca. Selama satu minggu hingga Rabu (14/11) siang, artikel ini dilihat sebanyak 731.436 kali. Lumayan tinggi untuk artikel di otomotifnet.com / motorplus-online.com. Sedang polling yang block by id session ini sendiri mendapatkan 44.040 partisipan. Dan pemenangnya adalah Honda CB150R dengan total pemilih 62,6 persen atau sebesar 27.578 pemilih. Sisanya, 16.462 untuk Yamaha New V-Ixion. Memang angkanya lebih tinggi Honda CB150R, tapi polling ini tidak mutlak menentukan siapa yang terbaik soal desain.
Kami di redaksi tetap menilai New V-Ixion punya kelebihan di sektor panel indikator digital hingga bentuk tangki. Tutup tangki modern dan rumah kunci di ujung tangki menjadi terobosan menarik. Behel belakang yang disamarkan menyatu dengan cover bodi belakang juga menarik perhatian. Sedang Honda CB150R hadir dengan rangka turbular yang segar, setidaknya menambah pilihan baru selain deltabox atau model rangka konvensional lainnya. Desainnya juga punya benang merah dengan produk global Honda lainnya yaitu CB500F, pastinya memberikan gengsi tersendiri. Thanks buat yang sudah berpartisipasi, sampai ketemu di polling berikutnya! Info Selengkapnya

Rabu, 14 November 2012

Honda Menggelar Kompetisi Safety Riding Tingkat SMA Se-Lampung Yang KE-1 Tahun

PT. Tunas Dwipa Matra selaku Main Dealer Honda Lampung megadakan kompetisi Safety Riding Tingkat SMA se-Lampung yang diadakan sejak bulan Agustus s.d Desember 2012 yang bekerjasama dengan 10 sekolah. Dari kesepuluh sekolah ada 8 sekolah yang aktif mengikuti kompetisi tersebut meliputi : 1.SMA N 14 Bandar Lampung 2.SMA Printis 1 Bandar Lampung 3.SMA Al-Kausar Bandar Lampung 4.SMA N 2 Pringsewu 5.SMA N 1 Gedong Tataan 6.SMA 1 Kristen Metro 7.SMA PGRI Punggur Lampung Tengah 8.SMA TAMAN SISWA Bandar Lampung Penilaian yang dilakukan dalam kompetisi ini mliputi 5 (lima) kriteria meliputi : Safety Riding Awareness yaitu menilai pengetahuan siswa tentang keselamatan berkendara dengan cara melakukan test secara tertulis dengan bobot nilai 250 point, Safety Riding Behaviur yaitu menilai prilaku siswa pada saat jam masuk dan pulang sekolah dimana siswa akan tertangkap kamera jika dalam perjalanan tidak tertib berlalu lintas dan menggunakan perlengkapan berkendara dengan bobot nilai 250 point, Safety Riding Actifity yaitu menilai aktivitas sekolah dalam mensosialisasikan safety riding dilingkungan sekolah masing-masing dengan bobot nilai 200 point, Safety Riding Phisical Fasility yaitu menilai fasilitas sekolah untuk keselamatn siswa dilingkungan dan diluar sekolah yang tadinya belum ada dan dibuat/dibangun menjadi ada oleh pihak sekolah dengan bobot nilai 200 point, dan Shering Online yaitu penilaian dengan melakukan poling via facebook dan twitter dengan bobot nilai 100 point. Penilaian ini dilakukan dengan melakukan pemotongan point, dimana setiap sekolah diberikan point 1000 namun jika pihak sekolah tidak melakukan/menjalankan kriteria penilaian maka akan dipotong pointnya sesuai kriteria penilaian. Tujuan dari kompetisi ini tidak lain untuk menunjang pihak sekolah dalam membangun sarana keselamatan dan menggalakan kampanye safety riding di lingkungan masing-masing, seperti pembangunan zebra cross, rambu-rambu, papan informasi tentang keselamatan dan lain sebagainya sesuai kreatifitas sekolah. “Kami memberikan dana ke setiap sekolah yang ikut kompetisi ini, dana itu digunakan untuk aktifitas dan pembangunan fasilitas keselamatan dilingkungan sekolahnya agar para siswa-siswi tertib berlalu lintas tentunya, apalagi disaat jam masuk dan jam pulang sekolah itu bisa menyebabkan kemacetan, ujar Tri Munardi selaku Instruktur Safety Riding PT Tunas Dwipa Matra.

Selasa, 13 November 2012

7 Tips Merawat Motor Matik Injeksi

Jakarta - Era sepeda motor di masa datang akan mengarah ke teknologi injeksi. Buktinya sampai saat ini masing-masing pabrikan sepeda motor yang ada di Indonesia sudah mulai meluncurkan berbagai model motor injeksi. Bahkan ada pabrikan yang menargetkan sampai 2014 seluruh motor terbaru yang akan diluncurkan sudah mengusung era teknologi injeksi. Nah buat Otolovers yang sudah mempunyai motor injeksi pastinya ingin motornya terutama motor matik injeksinya selalu dalam kondisi prima. Kali ini detikOto mencoba memberikan tips merawat motor matik injeksi bagi Otolovers: 1. Hal yang harus selalu dilakukan yakni, sebelum Anda pergi menggunakan motor matik injeksi, ada baiknya Anda memanaskan mesinnya terlebih dulu dengan cara menghidupkan mesin 1 sampai 5 menit. "Itu dilakukan agar pembakaran motor matik injeksi Anda akan menjadi lebih sempurna," beber Yogi Adi Putro, kepala mekanik bengkel Barokah Motor, kepada detikOto. 2. Saat mengendarai motor matik injeksi, ada baiknya Anda tidak menggebernya terlalu cepat atau melajukan dengan cara melepas selongsongan gas dengan cepat atau lambat. Ini biasanya akan memperpendek usia mesin motor matik injeksi Anda. 3. Rajinlah mengganti oli transmisi matik secara rutin. Karena dengan demikian dapat memberikan solusi untuk pada mesin ataupun komponen-komponen lainnya. "Diusahakan mengganti oli secara terartur atau setiap 5.000 km dan oli mesin setiap 1.000 km," katanya. 4.Diwajibkan untuk selalu memeriksa kondisi busi dan aki. Sebab kedua komponen ini merupakan hal yang sangat penting. Apabila sudah rusak maka segera ganti dengan yang baru dan harus orisinil jika mau awet seperti bawaan pabrik. 5. Ini yang tidak kalah pentingnya, Anda harus selalu memeriksa kondisi vent belt dan roller secara teratur. Karena jika tidak Anda akan merasa tidak nyaman saat berkendara. "Kalau sudah rusak sebaiknya langsung cepat ganti dengan yang baru dan orsinil. Usahakan jangan yang kw karena ketahanannya tidak dapat dijamin," imbuhnya. 6. Motor matik biasanya menggunakan single shockbreaker. Maka tidak ada salahnya jika Anda sering mengganti oli shockbreaker. "Jangan terlalu sering seperti oli mesin. Oli shockbreaker lakukan setiap 10.000 km saja. Kalau engga Anda ganti kalau sudah terdengar suara mendecit," paparnya. 7. Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya yakni, Anda harus selalu mengecek tangki bensin. Pastikan tangki bensin tidak pernah kosong, karena motor injeksi dianjurkan agar tidak mengisi bensin dalam keadaan tangki kosong. "Motor injeksi itu tidak boleh kalau tangki bensinnya sampai benar-benar kosong. Usahakan sebelum kosong Anda mengisinya. Kalau kosong kotoran pada tangki bensin akan mudah terserap dan akan memperhampat kerja mesin," tandas pria berkacama ini. Info Selengkapnya

Senin, 12 November 2012

Start dari Pit, Pedrosa Menutup dengan Kemenangan

VALENCIA - Dani Pedrosa menutup kompetisi MotoGP musim ini dengan manis. Kemenangan ketujuh sukses diraih pembalap Repsol Honda tersebut usai melintas garis finish pertama di seri pamungkas, MotoGP Valencia. Kemenangan Pedrosa kali ini tak lepas dari andil Jorge Lorenzo. Ya, pembalap yang telah memastikan diri sebagai juara dunia ini sebelumnya memimpin balapan. Sayangnya, saat sudah unggul cukup jauh dari Pedrosa di tempat kedua, Lorenzo sedikit ceroboh hingga akhirnya terpelanting dari motornya. Seri penutup di Sirkuit Valencia, Minggu (11/11/2012) kali ini memang berlangsung cukup sulit bagi semua pembalap. Bukan karena faktor sirkuit, namun cuaca yang tidak menentu membuat balapan berlangsung dengan kondisi lintasan basah dan kering. Hal ini pun memaksa Dani Pedrosa yang tampil sebagai pole seater harus rela mengawali balapan dari pit, lantaran memutuskan mengganti ban usai melakoni sesi pemanasan. Hal serupa juga dilakukan pembalap lain, seperti Nicky Hayden. Begitu lampu hijau menyala, berbagai kejutan pun terjadi. Aleix Espargaro memberikan kejutan pertama dengan langsung menyodok ke posisi terdepan, meski start dari posisi 10. Sementara itu, sejumlah pembalap mulai bergantian masuk pit, untuk mengganti ban. Memasuki lap kelima, Lorenzo sukses mengambil alih pimpinan lomba, karena Espargaro dan Andrea Dovizioso juga memutuskan masuk pit. Sementara itu, Dani Pedrosa yang sebelumnya berada di urutan belakang, kini mulai merangkak naik dan mengancam Lorenzo. Kembali, kondisi lintasan yang lembab membuat pembalap kesulitan, dan akhirnya sejumlah pembalap pun berguguran akibat gagal mengendalikan motornya. Lap ke-11, Lorenzo mendapat tekanan dari Pedrosa yang mulai mendekat. Namun, Pedrosa sempat hilang fokus sehingga gagal mempertahankan racing line, dan membuatnya melebar dan gap dengan Lorenzo semakin jauh. Namun, di lap ke-13, Lorenzo mengalami nasib nahas. Bermaksud untuk membuktikan diri bahwa dirinya juara bukan karena bermain aman, Lorenzo terus menekan gasnya. Sialnya, saat memasuki sebuah tikungan, por fuera -julukan Lorenzo- gagal mengendalikan motornya. Hasilnya bisa ditebak, Lorenzo terpelanting dari motornya. Dengan terjatuhnya Lorenzo, praktis Pedrosa nyaman mengendalikan balapan di sisa 17 lap terakhir, karena pembalap yang berada di belakangnya, yakni Katsuyuki Nakasuga juga berselisih cukup jauh. Pedrosa pun sukses menutup musim ini dengan kemenangan dengan selisih 37 detik dari Nakasuga. Sementara itu, rekan setim Pedrosa, Casey Stoner juga mampu menutup musim dengan manis. Kendati gagal mempertahankan kemenangan yang diraihnya musim lalu, Stoner sukses menutup kariernya dengan berdiri di atas podium. Stoner menempati posisi tiga. Info Selengkapnya

Jumat, 09 November 2012

AHM Raih Penghargaan sebagai Pemimpin Pasar Sepeda Motor Selama 40 Tahun

Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) dikukuhkan sebagai pemimpin pasar sepeda motor dengan populasi terbanyak selama 40 Tahun di Indonesia dalam ajang penganugrahan apresiasi dan pengakuan prestasi Rekor Bisnis (ReBi) 8. Penyerahan penghargaan dilakukan di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta (07/11). ReBi yang digelar oleh Harian Seputar Indonesia bersama TERA Foundation memberikan apresiasi kepada perusahaan yang melalukan terobosan untuk kemajuan di dunia bisnis dan merubah wajah dunia bisnis Indonesia ke arah yang semakin baik, serta memberikan banyak akses kemudahan bagi konsumen dan masyarakat. Head of Corporate Communication AHM Kristanto mengatakan penghargaan ini merupakan salah satu hasil kerja keras berbagai kalangan yang mendukung Honda selama 40 tahun berkiprah di industri sepeda motor di Indonesia. Dalam kurun waktu yang panjang ini, AHM selalu berkomitmen meningkatkan kualitas produk dan layanan terbaiknya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Tanah Air. “Pencapaian luar biasa ini merupakan bentuk nyata dari dukungan dan loyalitas para pecinta sepeda motor Honda di Indonesia, jajaran manajemen, supplier, karyawan, jaringan Main Dealer, media massa, dan stakeholder lain yang telah mendukung kami.” Honda memulai produksinya pertama kali di Indonesia pada tahun 1971 dengan meluncurkan tipe Honda S 90 Z bermesin 4 tak berkapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya sekitar 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 40 ribu unit pada tahun berikutnya dan terus berkembang hingga saat ini. Sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu moda transportasi andalan di Indonesia. Berdasarkan data penjualan perusahaan, sejak Honda hadir di Indonesia tahun 1971 sampai akhir bulan lalu, sebanyak lebih dari 36 juta unit sepeda motor Honda berhasil menemani konsumen Tanah Air. Keberhasilan ini diikuti dengan pencapaian-pencapaian lainnya, seperti pengukuhan Honda sebagai Raja Bebek dan Raja Skutik seiring dengan tercatatnya bebek Honda dan skutik Honda sebagai pemimpin pasar di segmennya masing-masing. Pada periode Januari-Oktober 2012, AHM mencatatkan penjualan sepeda motor Honda sebanyak 3,4 juta unit dengan pangsa pasar 57%. Posisi Raja Bebek tetap dipertahankan dengan pangsa pasar lebih dari 50%. Posisi Raja Skutik pun tetap menjadi milik Honda dengan pencapaian pangsa pasar 67%. Sementara itu, sepanjang bulan lalu, sepeda motor Honda telah terjual 344.335 unit. Pencapaian ini ditunjang oleh tingginya lonjakan permintaan terhadap Honda BeAT series yang terjual 134.530 unit atau melonjak 29% dari penjualan bulan yang sama tahun lalu sebesar 104.284 unit. Info Selengkapnya

Kamis, 08 November 2012

Nih Wujud Utuh Honda CB150R, Si Teralis Bermesin DOHC 150 cc

Yang penasaran dengan Honda Teralis 150 cc, ini penampakan komplitnya! Bentuknya secara gamblang bisa langsung dilihat. Selain itu, jangan lagi menyebutnya teralis! Karena Honda telah resmi memberinya nama CB150R Streetfire, masih ada benang merah dengan moge CB1000R yang sama-sama bergaya naked. Desainnya sesuai bocoran yang sudah kami paparkan sebelumnya. Rangkanya teralis mirip Honda CBR 250R, tapi tentunya tampil tanpa fairing. Buntutnya meruncing dengan tangki besar dan shourld yang tidak terlalu besar. Cover headlamp-nya sekilas mirip New Megapro, tapi lebih stylis dengan aksen menarik di bagian sampingnya. Dari mesinnya bisa dilihat kalau motor ini mengadopsi mesin yang sama dengan CBR150R. 150 cc, DOHC 4 klep berpendingin air alias pakai radiator dan sudah fuel injection. Wah, bakal jadi lawan berat Yamaha V-Ixion nih! Sedang kaki-kakinya dikawal suspensi belakang monoshock dan disk brake di kedua roda. Yang unik, sepatbor depannya mirip banget Honda CBR 250R. Over all jauh lebih sporty ketimbang New MegaPro. Buat yang penasaran, jangan sampai enggak datang ke Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 pada 31 Oktober sampai 4 November 2012, karena Honda akan memajangnya di sana. Tapi belum untuk dijual, Honda hanya memperkenalkannya saja. "Coming soon bro, sabar ya," beber narasumber di PT Astra Honda Motor (AHM). Info Selengkapnya

Rabu, 07 November 2012

CBR 250 Masih 'Rajai' Kejurnas

Kejurnas 250 cc Sampai seri ke 4 yang dilangsungkan di Sentul International Circuit, Honda CBR250 yang jadi andalan Denny Triyugo (Astra Motor Racing Team) masih memimpin klasemen sementara di kelas kejurnas 250cc. Dengan tambahan poin 20 di seri ke 4, yang dilangsungkan Minggu (4 Nopember 2012) kemarin, Denny masih kokoh dipuncak klasemen sementara dengan total 76 poin. Denny selisih 9 poin dengan rekan setimnya Wawan Hermawan, serta selisih 15 point dengan Ivan Atmaja. Dengan satu seri yang masih tersisa, Honda CBR 250 sudah sangat dekat dengan gelar juara nasional. Istilahnya, kalaupun Denny hanya finish di urutan ke 5 di seri terakhir, Gelar juara nasional tetap sudah pasti dalam genggaman Honda. "Tapi tetap saya targetkan untuk juara di seri terakhir. Saya ingin buktikan bahwa saya tampil all out di setiap seri sekaligus tunjukan kalau CBR250 memang sangat kompetitif," janji Denny. Sejak kemunculannya di arena balap kejurnas, CBR250 langsung harum wangi. Di seri pertama, langsung mendominasi. Hal itu terus berlanjut di seri berikutnya. Itu yang menyebabkan Denny dan Wawan berada di pucuk pimpinan klasemen sampai seri ke 4 ini. "Prestasi yang diraih tim balap Honda di arena kejurnas 250cc membuktikan bahwa produk Honda jenis sport, memang tangguh, berkelas dan teruji," bangga A. Indraputra, General Manager Marketing Planning and Analysis Division PT Astra Honda Motor. Info Selengkapnya

Selasa, 06 November 2012

Booth Honda Terpilih sebagai Yang Terfavorit di JMCS 2012

Jakarta - Booth yang dibangun PT Astra Honda Motor (AHM) pada Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 dinobatkan sebagai yang paling disukai oleh pengunjung pameran sepeda motor terbesar di Tanah Air ini. Berdasarkan survei yang dilakukan penyelenggara JMCS, PT Dyandra Promosindo, terhadap 704 orang pengunjung JMCS 2012 yang digelar pada periode 31 Oktober - 4 November 2012, sebanyak 39% memilih booth Honda. Hasil pemilihan booth terfavorit ini diumumkan hari ini disusul dengan penyerahan penghargaan kepada AHM pada hari terakhir pelaksanaan JMCS 2012 (4/11). Head of Corporate Communication AHM Kristanto menyatakan penghargaan yang didapat kali ini membuktikan komitmen AHM untuk terus menemani konsumen Indonesia dengan menghadirkan produk-produk berkualitas, seperti yang disuguhkan pada JMCS 2012. “Kami berterima kasih kepada pengunjung JMCS 2012 yang telah memilih booth Honda sebagai pilihan yang paling disukai. Hal ini sejalan dengan tujuan kami untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat sepanjang pameran ini,” ujarnya. Pada JMCS 2012, AHM hadir melalui booth Honda seluas 359m2 dengan mengusung tema “One Heart for Loving Indonesia.” Tema besar ini diterjemahkan dalam 3 konsep zona, yaitu “Better Performance for Loving Indonesia,” “Environment and Safety for Loving Indonesia,” dan “Advanced Technology for Loving Indonesia.” “Tema One Heart for Loving Indonesia ini kami pilih untuk mempertegas komitmen perusahaan dalam menemani aktivitas masyarakat Indonesia dalam mewujudkan mimpi dan cita-cita mulia mereka." AHM menghadirkan model sport terbaru HondaCB150R StreetFire bersanding bersama 22 model motor konsep berskala global dan motor-motor andalan AHM di Indonesia. AHM menyuguhkan produk-produk ramah lingkungan berteknologi injeksi dan memiliki standar keselamatan terbaik di kelasnya, seperti The All New Honda BeAT PGM-FI, Honda PCX 150, Honda Vario Techno 125 PGM-FI, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI, Honda Spacy Helm in PGM-FI. Booth ini mencerminkam komitmen nyata AHM untuk mengaplikasikan teknologi injeksi pada semua produknya seperti yang dideklarasikan pada November 2011. Sepanjang JMCS 2012, AHM menghadirkan artis-artis nasional seperti RAN, Cherrybelle, Bexxa, dan Nidji yang sukses menghibur pengunjung booth Honda. Selain itu, beragam hiburan juga disuguhkan untuk menemani pengunjung booth Honda. Info Selengkapnya

Senin, 05 November 2012

Bukti Honda BeAT Injeksi Aman Libas Banjir

JAKARTA - Honda BeAT injeksi membuktikan kemampuannya saat melibas banjir. Itu terlihat pada sebuah peragaan yang diperlihatkan saat gelaran Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012. Di depan Assembly Hall, Jakarta Convention Center, satu unit BeAT injeksi direndam air dengan ketinggian mencapai setengah ban. Dalam kondisi terendam, mesin skutik andalan Honda ini tetap dihidupkan. Kipas pendingin pun terendam dan terus berputar hingga cipratan air terus menyembur di sekitarnya. Dalam peragaan ini, pabrikan berlambang sayap tunggal tersebut juga ingin menunjukkan bahwa aki yang ditempatkan dibawah dek tidak akan "kemasukan" air meski dek telah terendam air secara penuh. Tempat aki telah didesain dengan tutup pengaman yang telah didesain khusus. Tutup ini memastikan tidak ada celah bagi air untuk masuk kedalam tempat aki yang dapat menyebabkan korsleting atau arus pendek. Untuk diketahui, All New BeAT- FI diperkuat jantung mekanis 4-langkah OHC berpendingin udara berkapasitas 108cc yang telah disematkan teknologi injeksi (PGM-FI). Mesin ini sanggup menggelontorkan tenaga 6,27 kW pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak 8,68 Nm pada 6.500 rpm Honda BeAT PGM-FI ditawarkan dengan harga Rp12,9 juta atau lebih mahal Rp250 ribu dari model sebelumnya. Selain itu, Honda juga melansir BeAT PGM-FI dengan fitur CBS (Combi Brake Syatem) seperti yang dimiliki Vario Techno CBS. Model ini dilepas dengan harga Rp13,5 juta. All New BeAT- FI memiliki dimensi yang sama persis dengan model sebelumnya dengan panjang 1.863 mm lebar 675 mm dan tinggi 1.072 mm. Terdapat beberapa pilihan warna menarik pada skutik anyar ini di antaranya Techno White, Hard Rock Black, Electro Red, Trance Blue, Samba Orange, Disco Green. Info Selengkapnya

Sabtu, 03 November 2012

Honda RC212V Milik Stoner di JMCS

JAKARTA – Tidak hanya sepeda motor reguler, motor konsep, atau motor modifikasi yang dipajang Astra Honda Motor di ajang Jakarta Motorcycle Show 2012. Di booth Honda, pengunjung juga bisa melihat RC212V tunggangan Casey Stoner saat menjadi juara dunia MotoGP musim 2011 lalu. Motor dengan kelir oranye khas Honda Repsol tersebut tampak gagah dipajang di pojokan booth Honda, bersanding dengan dua motor modifikasi CB150R. Orang akan langsung tahu itu motor Stoner melihat nomor 27 yang ada di bagian depan. Honda RC212V dikembangkan untuk balapan dengan kapasitas mesin 800 cc seri MotoGP. Motor ini diperkenalkan secara resmi pada tanggal 30 Oktober 2006 sebagai pengganti RC211V. Motor dirancang oleh Honda Racing Corporation (HRC) pada 2006 dan mulai resmi dipakai balapan pada musim 2007 . Penasaran dengan arti RC212V berikut paparannya. RC adalah ciri motor balap Honda untuk motor balap 4-tak. Sedangkan angka 212 menunjukan motor kedua di abad 21 dan V menunjukan mesin model V4. Motor memiliki panjang 2.052 mm, lebar 645 mm, tinggi 1.110 mm, dengan jarak sumbu roda 1.435 mm. Honda RC212V hanya memiliki bobot 150 kilogram. Menggunakan mesin DOHC 4 klep, berpendingin cair, Liquid-cooled , dengan mesin V4 800cc. Motor ini mampu menghasilkan 208 tenaga kuda. Rangka RC2012V menggunakan aluminium twin-tube, ban menggunakan Bridgestone dengan ukuran ban depan dan belakang 16,5 inci. Suspensi depan telescopic fork milik Ohlins dan suspensi belakang Pro-Link. Beberapa sponsor yang menempel di motor balap ini tetap dipertahankan seperti logo Bridgestone di spatbor depan. Logo Repsol yang terpampang besar di fairing, GAS di cover bawah, dan tentu saja slogan Astra Honda Motor ‘Satu Hati’ di bagian bawah cover mesin. Penasaran ingin mengabadikan Honda RC212V atau bahkan ingin menyentuhnya, mampir ke booth Honda, di JMCS yang digelar di Jakarta Convention Center, hingga Minggu 4 November 2012 mendatang. Info Selengkapnya

Jumat, 02 November 2012

Honda Vario Techno 125 PGM-FI CBS Raih Bike of The Year 2012

Jakarta - Honda Vario Techno 125 PGM-FI CBS dinobatkan sebagai Bike of The Year 2012 oleh Tabloid Motor Plus (Otomotif Group, Kompas Gramedia) setelah berhasil menyisihkan 46 sepeda motor yang diproduksi oleh produsen motor anggota Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI). Penobatan Honda Vario Techno 125 PGM-FI CBS sebagai Bike of The Year 2012 dalam ajang "Motor Plus Award" (MPA) 2012 dilakukan pada hari pertama Jakarta Motorcycle Show di Summit Lounge, Jakarta Convention Center (JCC), pada Rabu, (31/Okt). Acara Motor Plus Award ini merupakan acara rutin dua tahunan yang digelar untuk memberikan penghargaan kepada pabrikan sepeda motor. Pada MPA 2012, sebelum dinobatkan sebagai Bike of The Year 2012, Vario Techno 125 PGM-FI CBS telah diputuskan sebagai pemenang untuk kategori Best Technology, Best Fitur, Best Fuel Consumpiton,dan Best Performance. “Terima kasih kepada tim redaksi Tabloid Motor Plus untuk penghargaannya. Ini akan menjadi pendorong kami untuk terus mengembangkan produk-produk berkualitas dalam menemani aktivitas sehari-hari konsumen Honda,” ujar Head of Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Kristanto. Honda Vario Techno 125 PGM-FI dipasarkan pertama kali pada bulan Maret 2012 dengan harga (on the road Jakarta) Rp15,9 juta untuk varian yang mengunakan sistem pengereman combi brake system dan Rp15,1 juta untuk varian standard. Model ini dibekali mesin 125cc-PGM-FI dan dilengkapi dengan teknologi matik terbaru Honda yang dikembangkan secara global, yaitu eSP (Enhanced Smart Power). Teknologi ini memberikan performa terbaik (200 meter hanya ditempuh dalam waktu 12,8 detik), konsumsi BBM 30% lebih hemat dibandingkan dengan Vario sebelumnya (52,1 km/liter dengan menggunakan metode pengukuran ECE R40), dan emisi gas buangnya dapat ditekan jauh lebih drastis.
Dari sisi desain, Honda Vario Techno 125 PGM-FI memiliki desain tajam dengan karakter agresif sehingga terlihat lebih atraktif dan sporti. Generasi baru Honda Vario ini juga memiliki nilai fungsional dan kenyamanan terbaik di kelasnya. Dilengkapi teknologi ACG Starter yang mengombinasikan alternator dan starter yang sudah dipatenkan oleh Honda, motor ini mampu menyala dengan halus. Motor ini juga menawarkan kenyamanan posisi berkendara dan sistem panel elektrik dengan kombinasi tampilan analog dan digital yang mudah dilihat. Model ini juga dilengkapi dengan fitur bagasi serba guna Helm in berukuran 18 liter yang mampu menyimpan sebuah helm fullface. Tak ketinggalan fitur keselamatan terlengkap di kelasnya dapat ditemukan pada model ini yaitu Combi Brake System yang menambah kepakeman pengereman, standar samping otomatis (Side Stand Switch), dan Brake Lock. Pemimpin Redaksi Motor Plus Achmad Riswan menjelaskan penilaian dilakukan dengan melalui sejumlah tes seperti uji performa, konsumsi bahan bakar dan handling (kendali). "Semua motor diuji dengan menggunakan bahan bakar, durasi dan alat tes yang sama untuk meminimalisir adanya ketidaksesuaian dalam penjurian," katanya. 16 Penghargaan Selain mendapatkan Bike of The Year untuk Honda Vario Techno 125 PGM-FI CBS, pada MPA 2012 ini AHM juga mendapatkan 15 penghargaan lain sehingga secara keseluruhan Tabloid Motor Plus Award menganugerahkan 16 pernghargaan dari total 38 Award yang dikeluarkan pada ajang MPA 2012. Penghargaan tersebut antara lain: Best Technology Bebek 120-130cc : Honda Supra X 125 Helm in PGMFI, Best Technology Skubek 125cc : Honda Vario Techno 125 PGM-FI CBS, Best Technology Sport 125-160cc : Honda CBR150R. Selain itu terdapat penghargaan Best Seller Skubek untuk Honda BeAT, Best Features Bebek 100-115cc : Honda New Blade, Best Features Skubek 110cc : Honda Vario Techno CBS, Best Features Skubek 125cc : Honda Vario Techno 125 PGM-FI CBS, dan Best Features Sport 125-160cc : Honda CBR150R, Best Fuel Consumption Bebek 120-130cc : Honda Supra X 125 Helm in PGMFI, dan Best Fuel Consumption Skubek 125cc : Honda Vario Techno 125 PGMFI CBS.
Untuk masalah performa, MPA Award 2012 menetapkan Best Performance Bebek 120-130cc untuk Honda Supra X 125 helm in, Best Performance Skubek 110cc : Honda Vario Techno CBS, Best Performance Skubek 125cc : Honda Vario Techno 125 PGMFI CBS, dan Best Performance Sport 125-160cc : Honda CBR150R. Tabloid Motor Plus juga menetapkan Vario Techno 125 PGMFI CBS sebagai Best Skubek tahun ini. Info Selengkapnya

Kamis, 01 November 2012

AHM Perkenalkan HondaCB150R StreetFire di JMCS 2012

AHM Perkenalkan HondaCB150R StreetFire di JMCS 2012 Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan HondaCB150R StreetFire pada ajang Jakarta Motorcycle Show (JMCS) 2012 untuk menjawab keingintahuan konsumen terhadap model motor terbaru Honda di segmen motorsport. Kehadiran HondaCB150R StreetFire di hadapan publik ini ditandai dengan pembukaan cover penutup yang dilakukan oleh President Director AHM Yusuke Hori dan Executive Vice President Director AHM Johannes Loman pada saat Press Day di hari pertama pameran. Dirjen Industri Unggul Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian RI Budi Darmadi ikut menyaksikan langsung pengenalan pertama kali motor sport terbaru Honda ini ke hadapan publik. "Kehadiran HondaCB150R StreetFire di JMCS ini merupakan bagian dari rencana kami untuk menghadirkan produk-produk berkualitas yang powerful dan hemat bahan bakar di pasar sepeda motor nasional," ujar GM Marketing Planning and Analysis Division AHM Agustinus Indraputra. HondaCB150R StreetFire dibekali mesin DOHC, 6 Speed Inheritance of CBR150R Engine, dengan menggunakan New Innovative Truss Frame. Produk ini akan segera diluncurkan AHM dalam waktu dekat untuk memperkuat penetrasinya di segmen motor sport nasional.
Motor terbaru Honda ini hadir menandai keikutsertaan AHM pada JMCS 2012 dengan mengusung tema "One Heart for Loving Indonesia." Tema besar ini diterjemahkan dalam 3 konsep zona, yaitu "Better Performance for Loving Indonesia," "Environment and Safety for Loving Indonesia," dan "Advanced Technology for Loving Indonesia." "Tema One Heart for Loving Indonesia ini kami pilih untuk mempertegas komitmen perusahaan dalam menemani aktivitas masyarakat Indonesia dalam mewujudkan mimpi dan cita-cita mulia mereka." AHM menempatkan HondaCB150R StreetFire pada booth "Better Performance for Loving Indonesia." Pada arena ini, hadir juga dua model modifikasi HondaCB150R StreetFire yang mengusung konsep Urban Street Fighter dan Honda Tricolor. HondaCB150R StreetFire dipamerkan bersanding dengan motor Honda lain yang telah dikenal publik memiliki performa yang luar biasa seperti Honda RC212V yang menjadi kendaraan tim Repsol Honda di ajang balap bergengsi MotoGP. Selain itu, di booth ini juga dapat disaksikan motor sport Honda lainnya yang memiliki performa luar biasa seperti Honda CRF 450R ,Honda CRF 250 L ,Honda CBR600RR, dan Honda CB1000R. Tak ketinggalan, AHM pun juga menghadirkan motor sport premium yang telah mendapatkan sambutan positif di pasar motor nasional, yaitu Honda CBR250R dan Honda CBR150R. Pada booth "Advanced Technology for Loving Indonesia," AHM menghadirkan beberapa model motor yang telah dilengkapi fitur-fitur keselamatan dengan teknologi terbaru seperti pada Honda Goldwing, Honda Integra dengan transmisi Dual Clutch, motor bertenaga elektrik Honda EV-Neo, serta dua motor konsepnya yaitu Honda RC-E dan Honda EV-Cub. Model motor yang hadir dalam booth ini mencerminkan komitmen Honda dalam mengembangkan produk-produk berteknologi tinggi.
Di area booth "Environment and Safety for Indonesia" AHM menyuguhkan produk-produk ramah lingkungan berteknologi injeksi dan memiliki standar keselamatan terbaik di kelasnya, seperti The All New Honda BeAT PGM-FI, Honda PCX 150, Honda Vario Techno 125 PGM-FI, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI, Honda Spacy Helm in PGM-FI. Booth ini mencerminkam komitmen nyata AHM untuk mengaplikasikan teknologi injeksi pada semua produknya seperti yang dideklarasikan pada November 2011. Pada area ini juga dapat disaksikan Honda Zoomer-X berteknologi PGM-FI dengan karakter macho, berotot dan minimalis, serta menggunakan suspensi depan tipe upside down. Untuk memudahkan pengunjung memahami lebih detail cara kerja teknologi sepeda motor Honda, AHM melengkapi Booth berkonsep "Environment and Safety for Indonesia" dengan Pojok Injeksi. Di area ini ditampilkan simulator Honda PGM-FI, simulator Combi Brake System (CBS) dan juga multimedia dan panel board untuk teknologi Antilock Brake System (ABS) dan Idling Stop System (ISS). Selain itu, AHM juga menghadirkan simulator alat peraga keselamatan berkendara yaitu Honda Riding Trainer (HRT). Info Selengkapnya