Rabu, 16 Januari 2013

5 Tips Merawat Motor Gede

Jakarta - Pecinta motor gede (moge) di Indonesia terus berkembang pesat seiring dengan datangnya merek moge yang berasal dari luar negeri. Dengan demikian moge pun menjadi incaran para bikers sejati di tanah air. Namun bagaimana perawatan moge ini apakah rumit atau sama saja seperti merawat motor jenis lainnya? Nah Otolovers semua yang memiliki moge Anda mendapatkan tips khusus dari Andy, Direktur Dunia Moge. Menurut Andy merawat moge berbeda dengan merawat motor biasa terutama motor bebek ataupun skutik. "Merawat moge itu hampir sama kaya ngerawat mobil," cetusnya saat berbincang dengan detikOto di markasnya yang berada di Mutiara Taman Palem, Blok C10 No. 53 Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (15/1/2013). Lanjut Andy ada 5 poin penting dalam merawat moge, diantaranya 1. Harus rutin mengganti oli. Pergantian oli secara rutin sangat penting di moge. Karena performa moge ini sendiri harus didukung dengan kinerja mesin yang maksimal. "Harus selalu ganti oli. Ini wajib, sebesarnya motor lainnya juga wajib kalau ganti oli, tapi di moge jauh lebih penting," ungkapnya. 2. Cek ketegangan rantai. Karena power di motor-motor gede itu sangat besar maka harus sering mengcek ketegangan rantai. "Rantai akan cepat kendor atau renggang karena power motor itu sendiri besar. Minimal cek 1 bulan sekali," cetusnya. 3. Kualitas bahan bakar harus diperhaikan Khusus moge seperti Kawasaki ZX-6R, Honda CBR 250R bahan bakar harus lebih diperhatikan karena tidak sembarang menggunakan bahan bakar. "Misalnya di Kawasaki ZX-6R yang gue punya, itu menggunakan RON 95 yang artinya harus Pertamax Plus," ujarnya. 4. Sistem kelistrikan Sistem kelistrikan itu sangat penting untuk motor gede karena kebanyakan sistemnya sudah terkomputerisasi. Kesehatan aki juga harus benar-benar diperhatikan. "Kalau motor seperti ini sistem kelistrikannya banyak dan hampir semuanya komputerisasi," paparnya. 5. Perhatikan tekanan angin di ban Tekanan angin juga sangat berpengaruh dan jangan dianggap sepele. Karena pada moge tekanan anginnya kurang dari batas yang ditentukan akan mempengaruhi kinerjanya. "Gue punya pengalaman nyata, motor ZX-6R gue pernah kurang tekanan angin bagian depan. Itu parah padahal cuma kurang sedikit tapi rasanya sudah kaya pelek rusak," tandasnya. Nah bagi Otolovers semua yang punya moge semoga tips yang diberikan oleh Andy dari Dunia Moge ini bermanfaat. Selamat mencoba Otolovers. Info Selengkapnya

1 komentar:

  1. honda lover lampung ngasih info
    yang dipajang moge suzuki
    admin nya ga ngerti motor ya?
    balik ke SD lagi aja bos

    BalasHapus