Selasa, 16 April 2013
Tutup Kuartal I/ 2013, Skutik Honda Kuasai 71% Pangsa Pasar
Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) mengakhiri kuartal I/ 2013 dengan menguasai 70,9% pasar sepeda motor skutik setelah berhasil menjual 870.874 unit. Pencapaian ini semakin memperkokoh posisi Honda sebagai Raja Skutik dalam beberapa tahun terakhir.
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), sepanjang kuartal I tahun ini,total penjualan pasar motor skutik tercatat 1.228.963 unit atau tumbuh 16,6% dibandingkan dengan periode Januari-Maret 2012. Pertumbuhan penjualan skutik Honda jauh lebih tinggi karena dibandingkan dengan kuartal I/2012 yang hanya649.794 unit, tercatat terjadi lonjakan penjualan sebesar 34%.
Deputy General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya mengatakan kepraktisan berkendara pada skutik menjadi faktor utama yang mendorong masyrakat memilih model ini, selain desain dan fiturnya yang menarik.
"Dominasi Honda di segmen skutik juga tidak terlepas dari desain dan fitur yang menarik dari model skutik Honda. Ditambah mesinnya yang tangguh dan hemat bahan bakar. Pencapaian Honda pada kuartal I/2013 ini merupakan bukti nyata kepercayaan konsumen terhadap produk skutik Honda," ujarnya
Penyumbang terbesar penjualan skutik Honda adalah BeAT Series dan Vario Series. AHM berhasil meningkatkan penjualan Honda Vario series hingga 49,6% dari hanya232.059 unit pada kuartal I tahun lalu menjadi 347.122 unit pada kuartal I tahun ini. Honda BeAT series juga mengalami lonjakan pertumbuhan 44,3% dari 314.263 unit pada kuartal I/2012 menjadi 453.623 unit pada periode yang sama tahun ini.
Selain mendapatkan kontribusi signifikan dari Vario series dan BeAT series, kekokohan posisi Honda sebagai Raja Skutik juga diperkuat oleh model skutik lain seperti Honda Scoopy dengan penjualan 41.499 unit, Honda Spacy series sebesar 27.660 unit, dan skutik premium Honda PCX sebesar 970 unit.
Selain mendominasi segmen skutik, pada triwulan I 2013 ini, AHM juga berhasil mempertahankan kepemimpinannya di pasar motor domestik. Pada periode ini, AHM berhasil mencatat penjualan sebesar 1.209.059 unit atau tumbuh 14% dibanding periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar 1.063.695 unit. Pertumbuhan penjualan motor Honda tersebut tercatat jauh melebihi pertumbuhan pasar nasional yang hanya tumbuh 2% dari 1.931.677 unit pada kuartal pertama 2012 menjadi 1.960.850 unit pada periode yang sama tahun ini.
"Karena kepercayaan masyarakat terhadap produk sepeda motor Honda, kami berhasil meraih 61,7% pangsa pasar motor secara nasional. Terima kasih buat konsumen dan segenap pihak yang telah bekerja keras di tengah suasana pasar yang sulit ini."
Sementara itu, di segmen sepeda motor bebek, AHM juga berhasil mempekuat posisinya sebagai Raja Motor Bebek dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 60,3%. Angka ini diraih setelah berhasil menjual sebanyak 253.898 unit sepeda motor bebek yang merupakan kontribusi dari Honda Revo series 91.291 unit, Honda Blade sebesar 43.170 unit, dan Honda Supra series sebesar 119.437 unit.
Di segmen motor sport, AHM berhasil menyuguhkan jajaran model sport Honda yang semakin diminati pecinta motor sport di Tanah Air. Sebanyak 84.287 unit sepeda motor sport Honda berhasil terjual di kuartal pertama tahun ini atau melonjak 79,1% dibandingkan dengan pencapaian periode yang sama tahun lalu sebesar 47.072 unit. Pencapaian ini mendongkrak pangsa pasar sport Honda menjadi 27,1% dari sebelumnya yang hanya 19,9%.
Kesuksesan penjualan motor sport Honda ditopang model terbaru Honda Verza sebesar 25.067 unit dan Honda CB150R StreetFire sebesar 38.031 unit. Kedua model terbaru motor sport Honda ini berkontribusi 74,8% terhadap total penjualan sport Honda.
Selain itu, model sport Honda yang telah lama menemani masyarakat Indonesia juga tetap berhasil merebut hati pecinta motor sport nasional, seperti Honda MegaPro terjual 14.297 unit, Honda Tiger 3.035 unit, dan motor sport premium Honda CBR series 3.851 unit.
"Kami optimis, sepeda motor Honda dapat terus menemani masyarakat Indonesia di bulan-bulan berikutnya pada tahun ini. Kami tidak akan berhenti memberikan produk-produk terbaik sesuai kebutuhan masyarakat dengan didukung jaringan purna jual Honda yang tersebar di seluruh Indonesia." Info Selengkapnya
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar