Sabtu, 22 Oktober 2011

Honda Raih Kemenangan �Constructors Championship� Ke-60


Kesuksesan Casey Stoner menjadi juara dunia MotoGP 2011 era motor 800cc di Sirkuit Phillip Island Australia beberapa waktu lalu ternyata benar-benar spesial. Pasalnya, tak hanya mengakhiri penantian panjang Honda akan gelar juara, tapi juga mencatatkan rekor “Constructors Championship” ke-60 bagi Honda.

Selama gelaran MotoGP dimulai, Honda telah meraih 18 titel di kelas 500cc, 6 titel di kelas 350cc, 19 titel di kelas 250cc, 15 titel di kelas 125cc, dan 2 titel di kelas 50cc. Dengan kemenangan ke-9 Stoner di Australia, para rider Honda juga sudah mencatatkan 646 kemenangan di ajang balap MotoGP, angka yang dipastikan akan terus bertambah.

Perjalanan menuju buku rekor ini dimulai oleh seorang pembalap asal Australia, Tom Phillis, yang berhasil menjuarai 125cc GP di Montjuich, Spanyol, sekitar 50 tahun lalu. Tapi, pemuda asal Inggris yang bernama Mike Hailwood lah yang memberi Honda kemenangan pertama “Constructor Championship” pada kelas 250cc di tahun 1961. Hailwood juga tercatat sebagai salah satu pembalap legendaris yang pernah bergabung bersama tim Honda.

Hailwood membawa Honda menyapu lima tempat teratas di kelas 250cc sekaligus mengamankan titel itu untuk dirinya sendiri. Honda mengukuhkan dirinya dengan memenangkan lima kejuaraan “Constructor Championship” pada 1966 dan tiga kejuaraan yang sama pada 1994.

Daftar nama-nama rider hebat seperti Jim Redman, Mick Doohan, Max Biaggi, Freddie Spencer, Luca Cadalora, Valentino Rossi, Nicky Hayden, Dani Pedrosa, Ralph Bryans, Daijiro Katoh, dan sekarang Casey Stoner kemudian ambil bagian dalam buku legenda Honda saat ini.

“Sungguh suatu kehormatan bagi saya untuk berdiri di hari dimana Honda meraih gelar Constructor ke-60. Kami sangat bangga dan punya sejarah panjang sejak Mr. Soichiro Honda pertama kali mendeklarasikan untuk ikut kejuaraan pada 1954, dan kami juga bekerja sangat keras untuk mengembangkan dan menghasilkan mesin motor paling inovatif di dunia. Kredit saya berikan kepada tim yang selalu berusaha keras untuk menghasilkan motor yang hebat, dan tentu kepada para rider yang tanpa mereka kami tidak mungkin ada di tahap ini,” ujar Tetsuo Suzuki, Presiden Honda Racing Company (HRC). Info Selengkapnya

2 komentar:

  1. selamat buat honda atas diraihnya Kemenangan Constructors Championship yang Ke-60. semoga selalu jaya dan memberikan yang terbaik buat para konsumen tidak hanya produknya yang baik tapi juga pelayanan nya :)

    BalasHapus
  2. kami bangga honda bisa meraih gelar Constructor Championship ke-60 .. hebat ...
    semoga ke depan nya bisa lebih baik lagi .. tunjukin ke konsumen kalau mesin nya awet ..

    BalasHapus