Jumat, 08 April 2011

Mobil Sapu Angin ITS Berbasis mesin Revo 110 cc


Sapu Angin (SA) adalah mobil hemat energi karya arek-arek ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) Surabaya. Tahun lalu, mobil SA 2 tim ITS sukses memenangi kompetasi SEM (Shelf Eco Marathon) tingkat Asia.

Ketika itu SA 2 berhasil memperoleh penghargaan sebagai juara umum untuk kategori kendaraan berbahan bakar bensin (Gasoline Fuel Award). Selain itu juga merebut juara pertama kelas Urban berbahan bakar bensin. SA 2 berhasil menjadi mobil teririt. 238 km dengan konsumsi satu liter bensin, menyisihkan mobil karya negara lain.

Untuk SEM tahun 2011 akan dilaksanakan 6-9 Juli di Sirkuit Sepang, Malaysia. Tim ITS bertekad untuk kembali mendulang prestasi seperti yang diraihnya di tahun 2010. SEM tahun 2011 bakal diikuti 121 tim dari 14 negara.

Nah, bertempat di gedung Robotika ITS (30/3), tim ITS me-launching mobil SA 1,2 dan 3. Menurut Rektor ITS, "Melihat prestasi yang membanggakan tahun lalu, sudah sepatutnya kita berbangga. Karena sumber daya anak bangsa bisa bersaing dengan negara lain. Harapan kami, tahun ini bisa lebih sukses atau minimal mempertahankan gelar yang diperoleh dari SEM tahun 2010," papar Prof. Ir. Priyo Suprobo, Msc, Phd.

Sri Wahyu Endah selaku Media Relations Manager, PT. Shell Indonesia mengatakan bahwa selain tim ITS masih ada peserta lain dari Indonesia. "Total ada 5 perguruan tinggi yang akan mewakili Indonesia di ajang SEM. Yakni ITS, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Poltek Negeri Pontianak dan Universitas Gajah Mada. Kebetulan ITS sudah siap untuk menyongsong kompetisi tahun ini," bilangnya.

Tentu untuk menghadapi kompetisi tahun ini berbagai inovasi telah dikembangkan oleh tim ITS. Contohnya mobil SA 3 yang ternyata berbasis mesin Honda Revo 110 sumbangan dari PT. Astra Honda Motor (AHM) ini telah dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa sesuai yang diharapkan.

"Kita sangat antusias dengan ajang kreativitas semacam ini. Untuk itu kita memberikan support mesin Honda Revo dan dana pengembangan. Kreativitas anak bangsa semacam ini harus didukung demi mengharumkan nama bangsa di mata dunia," ujar Judhy Gaotama, Senior Manager Brand Activation Departemen PT. AHM yang juga hadir dalam kesempatan ini.


Info selengkapnya di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar