Senin, 15 Agustus 2011

Stoner Lanjutkan Dominasi, Simoncelli Raih Podium Perdana


BRNO – Casey Stoner mempertahankan dominasinya di paruh kedua musim dengan meraih kemenangan di seri GP Brno, Rep.Ceska, Minggu (14/8/2011). Sementara itu, hasil manis juga ditorehkan Marco Simoncelli yang sukses menapak podium perdananya, sekaligus melengkapi sukses Honda yang menguasai podium.

Lampu hijau menyala tanda balapan di mulai, Dani Pedrosa yang memegang pole Position tampil agresif dan mempertahankan posisinya. Pembalap Repsol Honda lainnya, Andrea Dovizioso juga melakukan start dengan baik, dan berhasil meroket dari posisi enam ke posisi tiga.

Namun, kepimpinan Pedrosa tidak bertahan lama. Memasuki turn 3, Jorge Lorenzo mampu mengambilalih pimpinan lomba. Memasuki lap ketiga, nasib nahas menghampiri Pedrosa yang harus terhempas dari motornya saat melibat turn 4. Pembalap asal Spanyol ini pun terpaksa mengakhiri balapan lebih awal.

Jatuhnya Pedrosa membuat Lorenzo kembali mengambil alih balapan. Namun, itu juga tak bertahan lama. Pasalnya, di lap kelima pembalap Yamaha Factory itu harus menyerahkan posisi terdepan kepada rival terkuatnya, Casey Stoner. Berada di depan, Stoner menunjukkan cirri khasnya dengan langsung meninggalkan pesaingnya.

Pertarungan sengit pun terjadi di perebutan tempat kedua. Andrea Dovizioso mendapat ancaman serius dari Lorenzo dan Marco Simoncelli di tempat keempat. Terus menempel ketat Dovi, Lorenzo berhasil mengkudeta Dovi pada lap kedelapan. Namun, keunggulan tersebut hanya bisa dipertahankan sebentar. Tiga lap berselang, Dovi kembali berhasil melewati Lorenzo untuk mengamankan podium dua.

Sementara itu, kesalahan kembali dilakukan Lorenzo sehingga harus turun ke posisi empat, setelah juga disalip Simoncelli yang kini menempati posisi ketiga. Jika mampu mempertahankan posisi hingga finish, maka itu akan jadi podium pertama Super Sic.

Memasuki delapan lap tersisa, Stoner kian nyaman berada di depan. Sementara itu, perebutan tempat kedua melibatkan Dovi dan Simoncelli. Lorenzo di tempat keempat, kini mendapat ancaman dari rekan setimnya Ben Spies di tempat kelima.

Sedangkan The Doctor Valentino Rossi yang sempat terlempar ke urutan 11 di awal lomba, kini terlibat pertarungan dengan Alvaro Bautista dalam memperebutkan posisi enam. Nahas bagi Bautista, pembalap Suzuki tersebut harus keluar dari pertarungan dengan Rossi setelah tergelincir saat memasuki tikungan di enam lap tersisa.

Jalannya balapan tidak mengalami banyak perubahan di sisa enam lap. Stoner yang sudah unggul sekira sembilan detik, nyaman melintas garis finis pertama. Dovi berhasil mengatasi tekanan Simoncelli untuk meraih podium dua, sedangkan Simoncelli juga bisa tersenyum puas karena sukses meraih podium pertamanya.

Lorenzo pantas kecewa dengan hasil balapan kali ini karena ini adalah kali ketiga sang juara dunia gagal naik podium. Sementara rekan setimnya, Ben Spies menempati posisi lima, kendati sempat mengira tak mampu membalap dengan maksimal menyusul cedera lengan yang dialaminya.

Valentino Rossi juga masih harus bekerja ekstra keras untuk membawa tunggangannya Ducati bersaing, setelah hanya mampu mengakhiri balapan di posisi enam, diikuti rekan setimnya Nicku Hayden, Colin Edwards, Hiroshi Aoyama dan Hector Barbera di posisi sepuluh besar.

Hasil lengkap MotoGP Rep. Ceska:
Pos – Pblp – Tim – Wak (Gap)

1. Casey Stoner Repsol Honda 43 menit 16.796 detik
2. Andrea Dovizioso Repsol Honda +06.532 detik
3. Marco Simoncelli Gresini Honda +07.792
4. Jorge Lorenzo Yamaha Factory +08.513
5. Ben Spies Yamaha Factory +10.186
6. Valentino Rossi Ducati +12.632
7. Nicky Hayden Ducati +23.037
8. Colin Edwards Yamaha Tech3 +24.189
9. Hiroshi Aoyama Gresini Honda +25.202
10. Hector Barbera Aspar Ducati +36.566
11. Toni Elias LCR Honda +36.679
12. Randy de Puniet Pramac Ducati +37.109
13. Loris Capirossi Pramac Ducati +48.911

Gagal Finish:
14. Alvaro Bautista Rizla Suzuki
15. Karel Abraham Cardion AB
16. Cal Crutchlow Yamaha Tech 3
17. Dani Pedrosa Repsol Honda
18. John Hopkins (acf)

Info Selengkapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar