Senin, 07 November 2011

MotoGP Berpengaruh Pada Penjualan Honda


JAKARTA – Gelaran ajang balap para rider terbaik dunia MotoGP, memiliki daya tarik yang besar di Indonesia. Hampir setiap seri GP selama semusim, selalu dinanti GPmania di Indonesia. Pabrikan sepeda motor di Indonesia melihat antusiasme ini sebagai kans untuk meningkatkan penjualan.

MotoGP musim ini Repsol Honda HRC, yang diwakili tiga pembalap Casey Stoner, Daniel Pedrosa dan Andrea Dovizioso mendominasi balapan di tiap seri. Bahkan Stoner yang baru di musim ini berada di bawah bendera HRC, sukses merebut gelar juara dunia dari pembalap Yamaha Racing, Jorge Lorenzo.

Dua pabrikan mapan tersebut (Honda dan Yamaha), memasang tagline khas Indonesia pada motor dan juga seragam pembalap. Yamaha dengan tagline Semakin di Depan, dan tagline One Heart (Satu Hati) di tiga pembalap Honda.

Astra Honda Motor (AHM) mengakui bahwa event balapan MotoGP sedikit banyak memberikan pengaruh pada penjualan Honda. Hanya saja pengaruh tersebut memang tidak langsung terasa dengan melonjaknya angka penjualan.

“MotoGP tidak langsung bepengaruh pada penjualan. Tapi memang ada, khususnya di varian-varian yang untuk kalangan anak muda. Apalagi kalau di daerah luar Jabodetabek. Mereka beranggapan motor dengan striping tambahan Honda Repsol dan warna oranye khas pembalap MotoGP (Honda Blade), lebih kencang daripada motor yang sama namun tanpa striping Repsol. Padahal, kami sudah menjelaskan bahwa mesin yang digunakan tetap sama, hanya berbeda di striping dan warna,” jelas Senior GM Sales Division AHM Sigit Kumala, saat berbincang dengan Okezone di kantor AHM, Jakarta, Kamis (3/11/2011).

AHM juga memiliki program penjualan yang berhubungan dengan MotoGP. Seperti undian nonton langsung GPQatar 2012, untuk pembelian New Honda Blade baru pada periode November-Desember.

Pabrikan berlambang sayap tunggal ini juga memiliki rencana untuk kembali mendatangkan pembalap Repsol Honda ke Indonesia. Namun, belum diketahui realisasi rencana tersebut bagaimana nantinya. “Mudah-mudahan bisa mendatangkan lagi pembalap Repsol Honda, sayang Dovizioso pindah (Dovi hijrah ke Monster Yamaha Tech3 di musim depan),” lanjut Sigit.

Mengenai arti filosofi dari One Heart, Sigit menjelaskan arti tersebut bahwa setiap insani manusia hidup pasti punya cita-cita, dan harapannya Honda bisa mengantarkan insane tersebut meraih cita-cita menjadi kenyataan. Info Selengkapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar