Rabu, 28 Desember 2011

Di Inggris Motor Diberi Hak Istimewa



London - Di Jakarta, meski pelaksanaannya belum maksimal, motor dan kendaraan pribadi dilarang memasuki jalur busway. Namun di Inggris, motor malah diberi keistimewaan untuk melaju di jalan khusus bus.

Seperti dilansir motorcyclenews, Selasa (27/12/2011), selama ini motor diuji coba untuk melaju di lajur bus selama 18 bulan.

Pemerintah London rupanya puas dengan langkah mereka karena berhasil mengurangi kemacetan di sana. Karena itu, motor diperbolehkan secara permanen menggunakan jalan khusus bus mulai 23 Januari 2012.

London memperkirakan di masa uji coba itu sekitar 50.000 unit motor melaju di jalan bus. Selain mengurangi kemacetan, langkah tersebut diyakini sukses mengurangi emisi CO2 dan mengurangi waktu tempuh para bikers.

Namun hal ini tidak berarti tanpa halangan, mereka yang menggunakan sepeda justru protes keras. The London Cycling Campaign menuturkan mereka melihat keselamatan para pengguna sepeda terancam. Tidak ada untungnya jika pemotor diberikan hak untuk melaju di lajur bus. Info Selengkapnya

1 komentar:

  1. bagaimana cara menanggulangi kemacetan di Indonesia ?
    di London memang di ber kebijakan untuk motor melewati jalur bus .. namun itu dapat membahayakan .. karna jalur khusus bus adalah jalur cepat , bisa saja motor jadi korban karna di tumbur ..

    BalasHapus